TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Viral, Ridwan Kamil Bikin Desain Mesjid Di Palestina Mirip PS 5

TiNewss.com – Viral kembali diperbincangkan di media sosial oleh warga netizen Indonesia. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain Mesjid Syaikh Ajlin di Gaza, Palestina mirip bentuk PlayStation 5 (PS5).

Gubernur yang akrab disapa Emil ini meresmikan pembangungan masjid tersebut secara virtual, pada pekan lalu tepatnya, Rabu (7/4/2021).

Selain sebagai Gubernur, Emil juga merupakan arsitek yang sukses sehingga diundang oleh organisasi kemanusiaan yang berbasis di Palestina, Aman Palestin, untuk mendesain mesjid tersebut dengan memakan biaya sekitar US$1,3 juta atau Rp19 miliar.

Mesjid Syeikh Ajlin terdiri dari tiga struktur geometris yang menurutnya melambangkan nilai-nilai Islam. Desain kontemporer masjid tidak mengadopsi struktur kubah seperti kebanyakan masjid konvensional.

Akan tetapi, rancangan terbarunya ini sudah menjadi pembicaraan netizen karena menyerupai konsol game asal Jepang yang juga lagi populer, PlayStation 5 (PS5) sehingga Ridwan Kamil memosting pembicaaraan netizen tentang Mesjid di Palestina tersebut.

Terpantau oleh Jurnalis TiNewss.com Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang sering disapa Emil ini memosting foto perbincangan netizen tentang Masjid di Palestina tersebut, Sabtu (17/4/2021).

Emil dalam postingan sosial media Instagram menuliskan sindiran untuk dirinya sendiri “TIDAK DIBERI IJIN BELI PS 5 OLEH ISTRINYA, SEORANG GUBERNUR NEKAT MEMBANGUN MASJID”.

“Lucu – lucu komenter netizen terkait desain saya untuk Mesjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut Emil menjelaskan hal tersebut adalah hal lumrah dalam teori presepsi bentuk, karena kita selalu akan menghubungkan sebuah bentuk dengan memori dan kebiasaan kita.

“Setelah netizen nyebut mirip PS 5, ada ibu-ibu nyebut seperti termos di dapurnya, ada yang mirip mantel musim dingin,” tambah Emil.

Sehingga postingan Instagram Ridwan Kamil terpantau mencapai ribuan komen netizen Indonesia dan sekitar 100 ribu lebih like padahal postingan tersebut belum mencapai enam jam.

Sehingga menarik netizen ada yang mengomentari “sebetulnya ide awalnya dari apa pak ? Pak Gubernur terangkanlah,” sebut Feny Mustafa.

“emang the best kang emil (sambil emot love-love,” ucap selvikitty.

Pembangunan mesjid ini merupakan bentuk empati Kang Emil bagi umat muslim di Gaza, Palestina hingga ia rela mendesain dengan penuh hati.(Adhi SH)***