• Kamis, 28 September 2023

Peresmian Jalan Tol Cisumdawu oleh Presiden Joko Widodo, 11 Juli 2023 di Twin Tunel

11 Juli 2023
TiNewss Channel - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu), di Twin Tunel atau Terowongan Kembar pada 11 Juli 2023.

Jokowi menyebut bahwa Tol Cisumdawu dibangun sejak tahun 2011. Problem terbesar adalah pembebasan lahan.

Ini merupakan jalan tol terindah di Indonesia, ada ada 2 terowongan kembar yang panjangnya 472 meter, menembus bukit, di wilayah Kabupaten Sumedang.

Jalan ini menghubungkan Kota Bandung dan Majalengka melalui Sumedang, dari Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Jalan Tol ini sepanjang 61,6 KM menghabiskan hingga Rp 18,3 Triliun. Dengan dana Pemerintah 9 Triliun sisanya dari Swasta.

Mennurut Jokowi, Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini adalah akses menuju airport Kertajati, yang rencananya mulai bulan Oktober 2023 akan mulai beroperasi secara penuh.

Airport Kertajati akan menjadi airport masa depan bangsa Indonesia.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi.

Hadir dalam peresmian ini, Para Menteri Kabinet Indonesia maju, Gubernur Jawa Barat, Bupati Sumedang dan tampak dalam video wakil dari Karaton Sumedang Larang. (Berita selengkapnya baca di TiNewss.Com.)

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Video Lainnya

\
X