TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

UNPAD Indonesia Jadi Yang Pertama Dalam ICH HDDA X

TiNewss.com– Konferensi Internasional Kesepuluh dan Workshop Analisis Data Dimensi Tinggi (ICW-HDDA-X) akan dilaksanakan melalui pertemuan online menggunakan zoom meeting 13-14 Oktober 2020 diselenggarakan oleh Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran pada Indonesia ICW-HDDA-X.

Diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran bersama dengan University Brock Canada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, IKIP Siliwangi dan kerjasama dengan Indonesian Mathematical Society (IndoMS), Indonesian Mathematics Educators (IMES) dan MIPANet. ICW-HDDA-X juga merupakan bagian dari konsorsium internasional Research Innovation and Staff Exchange_Social Media Analytics (RISE_SMA) yang didanai oleh Uni Eropa melalui skema Horizon 2020 untuk tahun 2019-2022.

Data kompleks berukuran besar dan analisisnya dalam pengaturan dengan parameter berdimensi tinggi ada di mana-mana dalam sains, bisnis, dan masyarakat. Contohnya termasuk data epigenomik, data genomik, data proteomik, data gambar resolusi tinggi, data keuangan frekuensi tinggi, data fungsional dan longitudinal, deret waktu multivariat, data jaringan, dan media sosial. Semua data ini bisa disebut sebagai Data Science. ICW-HDDA-X mempertemukan para peneliti di bidang statistika, matematika, pendidikan matematika, ilmu komputer, komunikasi politik, jurnalisme dan kajian media serta praktisi dalam topik ilmu data. ICW-HDDA-X memiliki karakter multidisiplin yang kuat, dan bertujuan untuk memenuhi kebiasaan disiplin ilmu yang berbeda.

Workshop Analisis Data Dimensi Tinggi (HDDA) pertama kali diperkenalkan di Kanada dan sebagian besar diselenggarakan di The Fields Institute HDDA adalah pertemuan tahunan dengan pertemuan tahun 2020 yang ke-10 berturut-turut dan pertama di Indonesia. Pada pertemuan tahun ini kami berkolaborasi dengan konferensi internasional dengan konferensi online menggunakan pertemuan Zoom. Oleh karena itu, kegiatan ini disambut dengan tulus untuk membuat ICW-HDDA-X 2020 sukses besar dan awal yang tak terlupakan dari acara-acara mendatang di Indonesia.

Lokasi dari sembilan kegiatan tersebut pertama adalah sebagai berikut: HDDA-I, 2011, Fields Institute, Kanada HDDA-II, 2012, Centre de Recherches Mathématiques, Kanada HDDA-III, 2013, University of British Columbia, Kanada HDDA-IV, 2014, Stasiun Penelitian Internasional Banff, Kanada HDDA-V, 2015, Universitas Victoria, Kanada HDDA-VI, 2016, Fields Institute, Kanada HDDA-VII, 2017, CIMAT, Meksiko HDDA-VIII, 2018, Universitas Cadi Ayyad, Maroko HDDA-IX, 2019, Universitas Uppsala, Swedia

Tujuan dari ICW-HDDA-X adalah untuk mendorong interaksi para peneliti di bidang Ilmu Data, termasuk Matematika, Statistika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Komputer terutama dalam analisis data dimensi tinggi dan untuk merangsang penelitian di bidang ini, dan aplikasi terkait . Ini akan memberikan tempat dan kesempatan bagi peserta untuk bertemu dengan peneliti terkemuka di bidang ini dan memberikan kesempatan untuk interaksi dan diskusi melalui pertemuan online.

Tujuannya meliputi:

  1. Menyoroti, diskusikan, dan perluas luasnya metode yang ada dalam analisis data dimensi tinggi dan potensinya untuk kemajuan Ilmu Matematika, Statistik, dan Komputer.
  2. Identifikasi arah penting untuk penelitian masa depan dalam teori metode regularisasi, pengembangan algoritmik, metode Bayesian, dan metodologi untuk berbagai area aplikasi menggunakan Matematika, Statistik, Pendidikan Matematika, dan Ilmu Komputer.
  3. Memfasilitasi kolaborasi antara peneliti dan praktisi bidang subjek teoretis.
  4. Memberikan kesempatan bagi peserta pelatihan dan siswa untuk bertemu dan berinteraksi dengan peneliti internasional terkemuka di Ilmu Data dan Matematika

Data kompleks berukuran besar dan analisisnya dalam pengaturan dengan parameter berdimensi tinggi ada di mana-mana dalam sains, bisnis, dan masyarakat. Contohnya termasuk data epigenomik, data genomik, data proteomik, data gambar resolusi tinggi, data keuangan frekuensi tinggi, data fungsional dan longitudinal, deret waktu multivariat, data jaringan, dan media sosial. Semua data ini bisa disebut sebagai Ilmu Data.

Pada plenary session, acara ini menghadirkan pembicara Prof. S. Ejaz Ahmed (Brock University, Kanada), Feryaal Ahmed (Western University Kanada), Prof. Anand N. Vidyashankar (George Mason University, AS), Prof. Peihua Qiu (University of Florida, AS), Prof. Stefan Stieglitz (University Duisburg Essen, Jerman), Prof. Michael Emmerich (LIACS Leiden University, Belanda), Prof. Sri Wahyuni (UGM, Indonesia), Prof. Edy Tri Baskoro (ITB, Indonesia), Prof. Heris Hendriana (IKIP SIliwangi), dan Dr. Alhadi Bustamam (UI), Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana (Unpad) dan Dr. Alhadi Bustamam (UI).

Selain itu, acara ini juga menghadirkan 16 invited speakers dari USA, Eropa, dan Indonesia. Antara lain Prof. Chang Yu (Vanderbilt University Medical Center, AS), Prof. Ali Shojaie (University of Washington, AS), Dr. Lin Xue and Prof. Liqun Wang (University of Manitoba, Kanada), Prof. Suzan Verberne (Leiden University, Belanda), Dr. Bjorn Ross (University of Edinburgh, Skotlandia), Prof. Frank Takes (Leiden University, Belanda), Prof. Atje Setiawan Abdullah (Unpad)

Selanjutnya Prof. Ch. Rini Indrati (UGM),Dr. Nursanti Anggriani (Unpad), Dr. Sarini Abdullah (UI), Prof. Komang Darmawan (Unud), Prof. Yaya S. Kusumah (UPI), Prof. Zulkardi (Unsri), Prof. Euis Eti Rohaeti (IKIP Siliwangi, Indonesia), Dr. Rully Charitas Indra Prahmana (UAD), serta Prof. Dr. Asep K Supriatna (Unpad).

“Kami juga berterima kasih kepada para pembicara yang hadir dari USA, Eropa, dan Indonesia,” ucap Prof. Budi.

Kegiatan ini diisi oleh lokakarya (workshop) virtual bekerja sama dengan industri dan praktisi dalam 6 topik : Toward Data Science: Application of Optimal Transport Theory for Unsupervised Generative Adversarial Network (UI), Data Wrangling and Scraping (UGM), Gaussian Copula processes on time series data (ITB), Islamic Mathematical Finance (ITB), Spatio Temporal Modeling for Media Social Data (Unpad), dan Math Learning Media with VBA for Excel (IKIP Siliwangi).

Kebanggaan sendiri untuk UNPAD dimana kegiatan ini adalah yang pertama di indonesia dalam melakukan konferensi internasional dari berbagai negara. (Andi Antoni)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares