TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Deputi Perpustakaan: Kuatkan Peran Sisi Hulu!

TiNewss.comDeputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Republik Indonesia, Deni Kurniadi mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi, maka perlu adanya penguatan peran sisi hulu.

Demikian disampaikan Deni Kurniadi saat menjadi salah satu Narasumber dalam acara “Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten Sumedang” yang bertempat di Gedung, HES, YPSA, UNSAP, Sumedang, Kamis (10/6/2021).

Lebih lanjut Deni Kurniadi mengatakan, bahwa program Peningkatan Indeks Literasi Nasional merupakan program yang di gagas oleh Perpustakaan Nasional RI dan dalam penyelenggaraannya di tahun 2021 dilaksanakan di 100 titik di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sumedang.

Untuk menyukseskan program yang di gagasnya ini, harus ada sinergitas yang kuat antara pemerintah pusat, Provinsi dan juga Kabuapten/Kota termasuk dengan instansi yang bersangkutan.

“Diantaranya hari ini di Kabupaten Sumedang, kita bersinergi dengan Dinas Kearispan dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang dan kemudian dengan Bapak Bupati,” ujarnya.

Lebih lanjut Deni juga mengatakan dengan adanya sinergitas yang kuat, diharapkan dapat meningkatkan indeks gemar membaca masyarakat dan indeks literasi masyarakat baik secara Nasional maupun Kabupaten/Kota

Menurut Deni, program Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik harus bisa dimanfaatkan pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam hal standarisasi perpustakaan.

“Untuk Kabupaten Sumedang, saya kira perlu nanti mungkin megusulkan bagaimana program DAK fisik bisa dimanfaatkan supaya perpustakaan di Kota Sumedang sudah sesuai standar perpustakaan khususnya dalam sarana perpustakaan,” tutupnya. (LutfiSS)***