TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Doc: TiNewss.com)

THR PNS Cair Minggu Ini, Paling Telat 15 Mei

Jakarta, TiNewss.com – Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasanya diterima oleh seluruh PNS, TNI, Polri dan Pensiunan akan segera cair. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tentu saja hal ini dapat menjawab pertanyaan THR PNS Kapan cair?

 

“Peraturan Pemerintah (PP) THR sudah dikeluarkan, sudah ditandatangani Pak Presiden,” kata Sri Mulyani.

 

Pemerintah akan membayar THR untuk PNS serta anggota TNI dan Polri sesuai dengan jadwal. Yakni paling cepat 10 hari sebelum lebaran. Menunjuk Kalender, Lebaran tahun ini akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020. Artinya, THR akan cair pelang cepat tanggal 14 Mei 2020.

 

“Eksekusi THR dan diharapkan serentak paling lambat adalah pada hari Jumat ini tanggal 15 (baca: 15 Mei 2020),” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui video conference, Senin (11/5/2020).

 

Keputusan pembayaran THR bagi PNS, TNI, Polri dan Pensiunan ini, tertuang dalam Surat Menteri Keuangan No S-343/MK/.02/2020.

 

Surat Menteri Keuangan ini menjelaskan bahwa Menteri Keuangan melakukan beberapa perubahan terkait pemberian THR. Hal ini karena menyesuaikan dengan penanganan pandemi virus corona atau Covid-19.

 

“Hanya hanyalah PNS level eselon III ke bawah, itu pun besarannya tak penuh sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” kata Sri Mulyani menjelaskan siapa yang dibayarkan THR nya.

 

Sedangkan untuk eselon I dan II serta pejabat lainnya tidak mendapatkan THR tahun ini.

 

Menteri juga menjelaskan bahwa besaran THR bagi ASN meliputi gaji pokok dan tunjangan melekat. Sedangkan untuk tunjangan kinerja (tukin) tidak dimasukkan dalam komponen THR PNS tahun ini.

 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

 

Menurut Sri Mulyani, dengan tidak dibayarkannya THR bagi pejabat negara dan PNS golongan Eselon I dan II, negara menghemat Triliunan Rupiah.

 

Total THR yang dibayarkan tahun 2020 sebesar Rp 29,382 triliun, menghemat lebih dari 10 triliun. Sedangkan tahun lalu pembayaran THR mencapai Rp 40 triliun.

 

Perempuan yang akbar dipanggil Ani, tersebut menjabarkan anggaran THR untuk PNS ini terdiri dari untuk PNS pusat, TNI, dan Polri sebesar Rp 6,775 triliun. Untuk pensiunan Rp 8,708 triliun dan PNS daerah sebesar Rp 13,898 triliun.

 

Adapun untuk tahun ini, THR hanya diberikan kepada semua pelaksana dan anggota TNI, Polri, maupun hakim dan hakim agung yang setara dengan jabatan eselon III.

 

Sedangkan untuk eselon I dan II serta pejabat daerah, pejabat negara, presiden, menteri, DPR RI, hingga DPD, dipastikan tak akan mendapat THR.

 

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 24
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares