TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Tahapan dan Kampanye Pilkades Di Sumedang 2020

TiNewss.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sumedang telah ditetapkan akan dilaksanakan  pada 16 Desember 2020. Setidaknya ada 3 tahapan penting sebelum hari “H” pemilihan, dan 1 kegiatan paska pemilihan. Tahapan tersebut termasuk masa kampanye dan sarana kampanye di masa pandemik 2020.

Hal ini terungkap dari pernyataan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), H. Nuryadin kepada Jurnalis TiNewss.com, Selasa ((17/11/20) melalui saluran Whatshap.

“Tahapan Pilkades Kabupaten Sumedang tahun 2020 dimulai tanggal 28 November sampai 30 November 2020 untuk Penetapan DPT. Selanjutnya tanggal  10-12 Desember masa Kampanye, dilanjutkan masa tenang pada  tanggal 13 sampai 15 Desember 2020,” ungkap Nuryadin.

Pelaksanaan Pemungutan Suara dilakukan pada tanggal 16 Desember 2020 dimulai pada pukul 07:00 sampai dengan pukul 13:00 WIB. Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara, selanjutnya 20-23 Desember 2020 pelatikan Kades terpilih.

Mengingat masih pandemik, maka dalam masa kampanye di tiadakan dalam hal kampanye pengumpulan massa. Kampanye melalui Media, menjadi salah satu pilihan yang dianjurkan.

“Melalui berbagai media sosial, media cetak, online, atau lainnya untuk menyampaikan Misi dan Visi oleh karena itu untuk masa kampanye selama 3 hari digunakan sebaik mungkin bagi para calon Kades,” tutur Nuryadin.

Baca juga: Inilah Daftar 88 Desa Di Sumedang, Selenggarakan Pilkades Serentak April 2020

Selain Kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilihan (Baca: Cakades), Panitia akan melakukan kampanye dengan menggunakan pemasangan Spanduk dan Woro- woro. Dengan menggunakan kendaraan berkeliling sekeliling Desa.

Hal ini dibenarkan oleh Nayes, Ketua Pilkades Desa Legok Kidul Kecamatan Paseh ketika Jurnalis TiNewss.com, Selasa (17/11/2020).

Nanyes juga menghimbau kepada pemilih yang baru keluar kota atau kerja di perantauan diharapkan untuk datang atau sudah ada di tempatnya sebelum 20 hari pemungutan dimulai,  hal ini sesuai prosedur protokal kesehatan sebagai bentuk isolasi mandiri, karena masih dikaji untuk kebijakan ini dengan DPMD Kabupaten Sumedang,

Tahapan Pemungutan suara pemilihan Desa Kabupaten Sumedang dengan sistem undangan sesuai RT masing-masing Desa dan sesuai jadwal, nama peserta pemilih, namun bagi pemilih yang sakit menurut Kabid DPMD tidak bisa diwakilkan atau petugas TPS tidak boleh jemput bola atau mendatangi peserta pemilih yang sakit.

Kabupaten Sumedang sendiri dalam menyelenggarakan pelaksanaan  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak ada 88 Desa yang diikuti oleh 337 orang Calon Kepala Desa (Cakades), dan 53 dari petahana.

Adapun jadwal atau skema pemungutan suara Pilkades Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB tidak jauh dari pemilihan-pemilihan seperti biasanya, hanya saja pemilihan ini di masa pandemik dan mengharuskan mematuhi prosedur protokol kesehatan. (Andi Antoni)***

catatan: berita ini sudah mengalami perbaikan, adanya misinformasi dan kesalahan ketik.

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 102
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    102
    Shares