• Selasa, 4 Oktober 2022

Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Gunakan Aplikasi Simoyan Jemput Bola

- Rabu, 6 Juli 2022 | 21:44 WIB

TiNewss.Com - Sistem Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan (Simoyan Adminduk) yang merupakan Inovasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sumedang, hadir memberikan pelayanan di Desa Sukawening Kecamatan Ganeas dalam Sapa Warga, Rabu 6 Juli 2022.

Pelayanan langsung jadi di tempat seperti pembuatan perekaman e-KTP, penerbitan e-KTP Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran tidak hanya dimanfaatkan oleh warga Desa Sukawening, tetapi juga oleh warga desa sekitarnya.

Indah (26), salah satu warga Sukawening mengaku sangat terbantu dengan layanan jemput bola tersebut karena selain tanpa keluar biaya, layanan tersebut juga sangat mudah, cepat dan bisa langsung dibawa pulang.

"Sangat terbantu. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh ke kecamatan. Kalau di sini dekat dengan rumah. Jika ada berkas yang kurang, mudah untuk bolak-baliknya," ujarnya.

Indah menginginkan layanan jemput bola seperti Simoyan Adminduk bisa terus dilaksanakan karena dipandang penting dan bermanfaat, terutama bagi warga yang kurang mampu untuk mempermudah mendapatkan kelengkapan dokumen kependudukan. 

"Harapannya, ke depan layanan seperti ini bisa terus dilaksanakan bagi warga, terutama bagi warga yang kurang mampu," tuturnya.

Sementara itu, Gingin Erma Hidayat selaku Penata Kependudukan dan KB pada Disdukcapil Sumedang mengatakan, pihaknya menerima sebanyak mungkin berkas dan perekaman warga untuk diproses yang mendapat respon tinggi dari warga masyarakat.

"Lokasi dari desa ke kecamatan cukup jauh sehingga masyarakat di sini menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk datang melakukan perekaman, penggantian KTP dan KK," ungkapnya.

Dikatakan Gingin, perekaman e-KTP sudah dilaksanakan di awal Januari baik melalui jemput bola lewat Sapa Warga maupun  rutin ke tiap desa di Kabupaten Sumedang

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Marak Kenakalan Remaja, Pemkab Gelar Kewaspadaan Dini

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:36 WIB
X