• Rabu, 29 Juni 2022

Dinas PUTR Kabupaten Sumedang, Respon Keluhan Warga Dari Medsos

- Jumat, 24 Juni 2022 | 12:58 WIB
Sekretaris Dinas PUTR, R. Sonny Nurgahara, meresponses keluhan warga melalui medsos (TiNewss/rauf)
Sekretaris Dinas PUTR, R. Sonny Nurgahara, meresponses keluhan warga melalui medsos (TiNewss/rauf)

 

TiNewss.Com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Dinas PUTR) Kabupaten Sumedang sudah memiliki aplikasi tersendiri untuk keluhan warga terkait dengan layanan yang diberikan termasuk jalan.

Secara terintegrasi masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara Online, melalui website LAPOR pada alamat lapor.go.id atau sumedangkab.lapor.go.id yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang dan langsung dibawah pengawasan Kementerian PAN RB dan kantor Staf Kepresidenan.

Namun demikian, mereka juga memiliki aplikasi Sipitung.

Dikutip dari website resmi Dinas PUTR Kabupaten Sumedang, SIPITUNG adalah Sistem Informasi Pembangunan Infrastruktur dan Tata Ruang yang dihadirkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang untuk memberikan informasi secara publik mengenai Pembangunan Infrastruktur di wilayah Kabupaten Sumedang sesuai dengan Kewenangan (dahulu) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) -- dan sekarang menjadi DInas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR)-- Kabupaten Sumedang.

SIPITUNG dapat diakses melalui Aplikasi Mobile dengan Sistem Operasi Android yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan melalui Aplikasi Browser pada smartphone maupun personal komputer (Komputer Desktop/Laptop) seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox yang telah dibuat secara responsive.

SIPITUNG hanya memerlukan akses Internet disetiap perangkat pengguna untuk mengaksesnya, tidak memerlukan izin berlebih pengguna seperti data pribadi, data kontak telepon maupun data finansial pengguna sehingga Aplikasi SIPITUNG aman dari seluruh data-data milik pengguna.

Dengan demikian warga dapat secara langsung, untuk menyampaikan aspirasi, masukan dan keluhan kepada instansi terkait, yakni Dinas PUTR.

Sayangnya, hingga saat ini selalu ada warga yang melakukan pengaduan melalui Media Sosial, seperti facebook. Al hasil, belum tentu hal tersebut terbaca oleh pihak DInas.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

X