• Kamis, 28 September 2023

Wujudkan Melesat: Kolaborasi Disparbudpora dan DPMPTSP, Jemput Bola Perizjinan Usaha Wisata Langsung jadi

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:54 WIB
Kolaborasi DPMPTSP dan Disparbudpora Sumedang Layani Izin usaha Wisata secara Cepat (TiNewss/Rauf)
Kolaborasi DPMPTSP dan Disparbudpora Sumedang Layani Izin usaha Wisata secara Cepat (TiNewss/Rauf)

TiNewss.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudporakolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang, untuk melayani secara berkualitas dan cepat (Melesat) sebagai tagline pembangunan Sumedang 2023. 

Hal ini terjadi dalam memberikan layanan pembuatan izin usaha kepariwistaan di lokasi pengelola Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), langsung jadi. 

Kolaborasi ini dijelaskan oleh Kepada Diparbudpora Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto S.TP., M.Si kepada TiNewss.com.

Baca Juga: Tiga Prajurit Gugur, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Terbang ke Papua

"Alhamdulillah, hari ini Kami dari Disparbudpora Kabupaten Sumedang berhasil melakukan kolaborasi dengan DPMPTSP Kabupaten Sumedang, untuk memberikan layanan cepat kepada masyarakat Sumedang dalam bidang perizinan," katanya.

Kata Bambang, masa pandemi ini perlu dilakukan berbagai upaya dalam membangkitkan kembali usaha kepariwisataan di kabupaten Sumedang.

"Oleh karena itu, pelaksanaan Pembinaan Pengelola Objek Daya Tarik Wisata ini merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan, termasuk melakukan Crosscutting antara Disparbudpora dengan DPMPTSP, yang berbentuk Sosialisasi Online Single Submission (OSS) untuk para pelaku usaha di sektor Pariwisata terkait dengan perizinan usaha," ungkapnya.

Baca Juga: Park Seo Joon dan Han So Hee Akan Beradu Peran dalam Drama Thriller Baru ‘Gyeongseong Creature’

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Sumedang Asep Uus Ruspandi, Kepala Bidang Pariwisata Ellan R. Nagari, S.Si, serta para karyawan dari kedua dinas tersebut. 

Ellan menyebutkan bahwa kegiatan ini mengundang 25 orang peserta yang merupakan pemilik/pengelola Objek Wisata di Sumedang wilayah barat dan wilayah kota.

"Untuk kegiatan perdana Kami lakukan kolaborasi ini di loksi wisata Pangjugjugan di Desa Cilembu, Insyaa allah ini akan dilakukan secara simultan untuk para Pengelola Objek Wisata yang lain yang ada di Kabupaten Sumedang," tambahnya.

Baca Juga: Rest Area Tol Cisumdawu, Wabup Erwan: Wajib ada Produk UMKM Sumedang

Di lokasi yang sama, senada dengan Kadis Parbudpora Kabupaten Sumedang, Kadis PMPTSP, Asep Uus menyampaikan apresiasi atas kolborasi yang dilakukan dua Dinas tersebut.

"Ini Keres. Kegiatan ini berbentuk sosialisasi dan workshop pembuatan NIB secara langsung untuk para pengelola Objek Daya Tarik Wisata," katanya. 

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang, 26 September 2023

Selasa, 26 September 2023 | 05:50 WIB

Kebakaran Lahan di Blok Sawah Lega, Tanjungsari

Selasa, 19 September 2023 | 12:00 WIB
X