Tegas, Sekda Herman Suryatman : Pemimpin Harus Memberikan Perubahan!

- Jumat, 24 Desember 2021 | 20:38 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si (TiNewss/Rauf)
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si (TiNewss/Rauf)

TiNewss.com - Dengan tegas sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman meminta para pimpinan di Pemerintahan Kabupaten Sumedang memberikan perubahan yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas di unit masing-masing. 

Hal ini disampaikan Sekda Herman saat memberikan arahan kepada peserta Diklat PKN (Pelatihan Kepemimpinan Nasional), PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator), PKP (Pelatihan Kepemimpinan Pengawas), para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang , Kamis 23 Desember 2021. 

"Kewajiban kami mengevaluasi output, outcome, manfaat maupun dampak dari Diklat yang telah dilakukan terhadap pelaksanaan tugas. Kalau tidak ada peningkatan kapasitas dan aksi,
itu berarti Diklatnya dipertanyakan. Ini sangat prinsip dan tidak bisa ditawar-tawar," ujarnya.

Baca Juga: Kabar Baik, 1,6 Juta ASN akan Work From Home

Sekda mengatakan, Diklat yang diikuti oleh ASN jangan hanya dijadikan "business as usual" untuk menyerap anggaran tanpa ada KPI (Key Performance Indicator) yang jelas.

"Saya harap semua mampu menguasai kompetensi yang didiklatkan mulai dari Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, Kompetensi Sosial, sampai Kompetensi Kultural," ujarnya.

Khusus untuk Kompetensi Manajerial, para pejabat dituntut untuk bisa melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi.

Baca Juga: Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara Banten Dijadikan Destinasi Wisata, Ini Kata Menparekraf

"Harus sudah bisa membuat Term of Reference (ToR) yang baik. Perencanaan yang baik berarti kemenangan sudah 50 persen, sisanya pelaksanaan. Kegiatan itu sukses karena ToR-nya valid dan tajam. Itu bagian dari manajerial," ungkapnya.

Sekda menyebutkan, di Tahun 2022 mendatang, Pemda Sumedang tengah ancang-ancang untuk melaksanakan semua program dengan motto Melesat (Melayani lebih Berkualitas dan Cepat).

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X