Akankah Tol Cisumdawu dioperasikan Akhir Tahun 2021? Intip Progresnya dari Kemenko Marvest

- Selasa, 21 Desember 2021 | 15:43 WIB
Gerbang Tol Cisumdawu di Sumedang Kota  (Foto : Muksin  Setiadi)
Gerbang Tol Cisumdawu di Sumedang Kota (Foto : Muksin Setiadi)

TiNewss.com--Dioperasikannya secara resmi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) pada akhir tahun 2021, masih belum jelas. Keterangan resmi belum dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Padahal informasi yang beredar, awalnya peresmian dibukanya untuk umum Jalan Tol Cisumdawu yaitu akan dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2021. Dan menuju akhir bulan Desember tinggal menungggu hitungan hari.

Namun di sejumlah titik, pembersihan area sudah dilakukan. Di sekitar Citali Pamulihan-Tanjungsari, pembatas jalan keluar dari arah Tol sudah mulai dibersihkan. Termasuk pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Refleksi 3 Tahun Dony-Erwan: Sumedang Jadi Tujuan Government Tourism

Demikian pula di  keluar pintu tol Sumedang Kota, juga sudah mulai dirapikan. Begitupun di connecting tol Cisumdawu dengan tol Padaleunyi sudah hampir final. 

Persiapan tampaknya sudah hampir matang, namun keputusannya ada di pemerintah pusat.

Sementara itu, berdasarkan data yang di unggah Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam akun instagramnya @donyahmad.munir seperti  dikutip TiNewss.com, bahwa progres konstruksi jalan Tol Cisumdawu  Seksi 1, Seksi 2 dan Seksi 3 sudah menunjukkan progres yang bagus.

Bupati Dony menyebut berdasarkan data yang disampaikan Kemenko Marvest bahwa Seksi 1 yaitu Cileunyi-Rancakalong sudah selesai 98,28%. Sedangkan Seksi 2 yaitu Rancakalong-Sumedang sudah mencapai 94,50%.  Dan untuk Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sudah mencapai 100%. 

Baca Juga: Pengangkut Material Perbaikan Jalan, Dump Truk Terbalik di Jalan Lebak Siuh-Kadu Kecamatan Jatigede

Melihat perkembangan tersebut, peluang dibukanya jalan Tol Cisumdawi Seksi 1, Seksi 2 dan Seksi 3 atau dari Cileunyi-Cimalaka memungkinkan untuk dilaksanakan. Namun berdasarkan informasi, masih ada longsoran di sekitar Sirnamulya dan Mulyasari.

Longsoran di Sirnamulya dan Mulyasari, menurut Bupati Dony akan segera diperbaiki.

"Persoalan longsoran yang ada di daerah Sirnamulya dan Mulyasari akan cepat diatasi," ujar Bupati Dony.

Sementara itu progres kontruksi jalan Tol Cisumdawi Seksi 4 yaitu Cimalaka-Legok baru mencapai 18,12%. Seksi 5 yaitu Legok-Ujungjaya  5A sudah mencapai 24,43%; dan Legok Ujungjaya  5B sudah mencapai 36,61%.

Baca Juga: Motor Listrik Gesit Jajal Senegal, Dubes RI Dakkar: Ekspor Perdana Ke Senegal

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Kabupaten Sumedang, 26 September 2023

Selasa, 26 September 2023 | 05:50 WIB
X