• Rabu, 29 Juni 2022

Refleksi 3 Tahun Dony Erwan: Pengelolaan Barang Milik Daerah Anggaran Minim, Hasil Maksimal

- Senin, 20 Desember 2021 | 05:20 WIB
Penyerahan Fasos Fasum pengembang perumahan kepada Bupati Sumedang. Tampak Bupati dan Wakil Bupati Dony-Erwan. (TiNewss)
Penyerahan Fasos Fasum pengembang perumahan kepada Bupati Sumedang. Tampak Bupati dan Wakil Bupati Dony-Erwan. (TiNewss)

TiNewss.com--Logika berpikir sederhana, bila ingin hasil maksimal, maka dibutuhkan anggaran yang besar. Tetapi tidak berlaku dalam pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) di Pemerintah Kabupaten Sumedang, justru anggaran minim tetapi hasil maksimal, setidaknya untuk tahun 2021.

Kekompakan Bupati Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Erwan Setiawan serta didorong kekuatan Sekretaris Daerah Herman Suryatman, membuat ASN pengelola BMD di Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang seperti memiliki tenaga ekstra, layaknya baterai energizer yang selalu terisi dan tak pernah habis.

Bayangkan saja pada tahun 2021 tanpa anggaran APBD  di bagiannya, salah satu bagian di sekretariat Daerah yang mengelola BMD, tapi bisa bekerja dengan maksimal. Ini karena dorongan dari pemimpin daerah yang selalu ingin terdepan dan maju.

Baca Juga: Firli Bahuri: Jabatan KPK Bukan Penugasan dari kapolri

Refleksi 3 tahun Dony-Erwan dalam pengelolan BMD berhasil maksimal. Prinsip pengadaan barang milik daerah harus  yang fungsional, pemanfaaatan dan pengamanan BMD secara maksimal.

BMD yang secara fungsional untuk kepentingan pemerintah sudah tidak terpakai, maka harus meningkatkan pendapatan dari BMD. Proses Sertifikasi BMD ada peningkatan, dan pengalihan BMD yang secara fungsional tidak memiliki manfaat  bagi pemerintah daerah juga terus dilakukan.

Berdasarkan hasil pengolahan data redaksi TiNewss.com, Bupati dan Wakil Bupati Dony-Erwan yang dilantik pada tanggal 20 September 2018 memulai dengan penataan BMD dalam bidang kendaraan jabatan. Khusus mobil jabatan dan operasiobal pimpinan secara nomor polisinya ditata dengan konsultasi dan koordinasi dengan pihak kepolisian. Untuk nomor polisi mobil pimpinan adalah Z 1 A, dan  Z 1 B untuk mobil jabatan  dan mobiil operasional Bupati,  Z 2 A dan Z 2 B untuk mobil jabatan dan mobil operasional Wakil Bupati. Penataan ini sebelumnya tidak ada. 

Baca Juga: Terkait Virus Omicron, Luhut B. Pandjaitan: Sejauh ini Virus Tersebut Bergejala Ringan hingga Sedang

Dony-Erwan pada tahun pertama dan kedua kepemimpinannya, telah berhasil memberikan kendaraan operasional bagi penyuluh agama di Kementerian Agama sebanyak 26 buah untuk 26 Kecamatan. Pemberian kendaraan ini karena beban penyuluh agama sangat berat dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Sumedang.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X