• Rabu, 26 Januari 2022

Akibat Pembangunan Tol Cisumdawu, Nama Cidempet dan Urug di Conggeang Kabupaten Sumedang Kena Uga

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:22 WIB
Nama daerah Urug (Urug Kulon, Urug Tengah, Urug Wetan dan Urug Oyot) di Conggeang Sumedang menjadi rata akibat pembangunan jalan Tol Cisumdawu, Selasa, 26/10/2021. (TiNewss)
Nama daerah Urug (Urug Kulon, Urug Tengah, Urug Wetan dan Urug Oyot) di Conggeang Sumedang menjadi rata akibat pembangunan jalan Tol Cisumdawu, Selasa, 26/10/2021. (TiNewss)

Tinewss.com-- Pembangunan akan selalu menyisakan cerita dan kenangan. Tak terkecuali pembangunan jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pun menyisakan cerita dan kenangan yang mendalam bagi masyarakat Conggeang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Salah satu tokoh masyarakat  Cacaban, Tata mengungkapkan beberapa keanehan yang seolah menjadi kenyataan setelah adanya pembangunan jalan Tol Cisumdawu.

Menurut Tata, di Conggeang ada dua kampung yang menjadi cerita heboh di antara warga, yaitu Cidempet dan Urug.

 

Baca Juga: Percepatan Tol Cisumdawu, 1476 Makam di TPU Patapan Cacaban-Conggeang Kabupaten Sumedang Mulai Dibongkar

 

Menurut Tata, Cidempet merupakam sebuah kampung yang besar di Conggeang. Akibat pembanguan jalan Tol, sebagian besar kampung itu terkena tol, dan rumah-rumah besar di situ, sekarang sudah tidak ada. 

Cidempet yang merupakan  kampung besar, kini hanya menyisakan sedikit rumah. Ini benar-benar kadempet (terjepit=bahasa Sunda-Red). Kampung Cidempet yang tersisa sekarang  terjepit Tol, karena langsung berbatasan dengan Tol.

"Ini benar-benar menjadi kenyataan, padahal orang tua dulu memberi nama entah apa maksudnya. Tapi sekarang akibat adanya pembangunan Tol, Cidempet ini menjadi kenyataan," katanhya.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X