• Rabu, 26 Januari 2022

Akhirnya Pemda Sumedang Anggarkan Uang Kadeudeuh untuk Atlet PON Papua Sebesar Rp 270 Juta pada APBD 2022

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 05:04 WIB
Pangeran Dirgantara Pribaya, atlet paralayang asal Sumedang peraih medali emas PON XX Papua. (TiNewss)
Pangeran Dirgantara Pribaya, atlet paralayang asal Sumedang peraih medali emas PON XX Papua. (TiNewss)
TiNewss.com-- Sempat belum ada kabar tentang ada atau tidaknya uang kadeudeuh bagi atlet PON XX Papua asal Sumedang yang meraih medali, akhirnya kini ada titik terang. Melalui Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda  dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengumumkan akan adanya uang kadeudeuh tersebut, Senin (25/10/2021).
 
Menurut Hari, uang kadeudeuh itu dianggarkan sebesar Rp. 270 juta bagi  para atlet dan official asal Sumedang yang berjuang dan memperkuat TIM PON Jawa Barat di PON XX Papua pada APBD tahun 2022.
 
 
 
 
"Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang berencana akan menganggarkan  uang kadeudeuh senilai Rp270 juta bagi para atlet dan official asal Sumedang yang memperkuat Tim Jawa Barat di PON XX PAPUA," kata Hari Tri Santosa kepada sejumlah media di Sumedang.
 
Uang kadeudeuh untuk atlet Kabupaten Sumedang diberikan dengan besaran yang berbeda, sesuai medali yang diraih para atlet di PON XX Papua.
 
Menurut Hari, untuk besaran uang kadeudeuh itu berbeda-beda, disesuaikan dengan medali yang diraih oleh para atlet asal Sumedang tersebut.
 
 
Adapun besarannya, lanjut  Hari, untuk atlet peraih medali emas disiapkan bonus Rp 25 juta, peraih medali perak Rp 15 juta dan peraih medali perunggu senilai Rpn10 juta.
 
Selain itu, sambung Hari, bagi para atlet yang tidak meraih medali dan para official pun tetap akan mendapatkan bonus atau uang kadeudeuh, besarannya yaitu masing-masing Rp2,5 juta.
 
“Insya Allah semuanya akan mendapatkan uang kadeudeuh,” ujar Hari.
 
Hari juga menuturkan, jika bonus atau uang kadeudeuh tersebut, rencananya akan dianggarkan dalam APBD Murni tahun 2022. Kalau di Perubahan APBD Sumedang tahun 2021 ini kan tidak mungkin, karena sudah diketok palu beberapa waktu lalu. Jadi Kami menganggarkan di APBD Murni 2022. Dan untuk anggaran tersebut nantinya akan dimasukkan pada Pos anggaran KONI Sumedang.
 
 
Dengan diberikannya bonus atau uang kadeudeuh itu, Hari berharap, agar para atlet Sumedang lebih menunjukkan lagi prestasinya, sehingga dapat mengharumkan nama Sumedang.
 
“Ya tentunya, saya berharap para atlet lebih semangat lagi untuk meraih prestasi sehingga dapat mengharumkan nama Sumedang,” tandasnya.
 
Untuk diketahui sebanyak 23 atlet dari berbagai Cabang Olahraga (Cabor) dan 8 Official asal Sumedang terpilih untuk memperkuat Tim Jawa Barat di ajang PON XX PAPUA.
 
Sementara jumlah medali yang berhasil disumbangkan oleh para atlet asal Sumedang di PON Papua yaitu sebanyak 18 medali, terdiri dari cabang Wushu 1 perunggu; Anggar 1 emas, 3 perak, 4 perunggu; Panahan 1 perak, 1 perunggu; Takraw 1 perak; Sepakbola Putri 1 perak dan dari Paralayang 2 emas, 3 perunggu.***

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X