• Minggu, 28 November 2021

Terkait Proyek Tol Cisumdawu, Ermi Triaji: Pemerintah Daerah Perlu Inventarisir Kerugian dan Potensi Peluang

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:10 WIB
Ermy Triaji, Ketua DPD Partai Gelora Sumedang  meminta pemerintah daerah Sumedang melakukan inventarisir adanya kerugian atau potensi peluang terkait tol Cisumdawu, 17/10/2021 (TiNewss)
Ermy Triaji, Ketua DPD Partai Gelora Sumedang meminta pemerintah daerah Sumedang melakukan inventarisir adanya kerugian atau potensi peluang terkait tol Cisumdawu, 17/10/2021 (TiNewss)

TiNewss.com-- Pemerintah daerah perlu melakukan inventarisir kerugian-kerugian atau potensi peluang dari pembangunan proyek jalan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang melalui Kabupaten Sumedang.

Dengan adanya proyek jalan tol Cisumdawu yang merupakan proyek pembangunan strategis yang melewati Sumedang ini, kemungkinan adanya kerugian-kerugian yang ditimbulkan atau potensi peluang-peluang  atas adanya jalan tol tersebut.

"Oleh karenanya, pemerintah daerah perlu inventarisir  dulu adakah kerugian-kerugian yang diderita oleh pemerintah daerah ataupun masyarakat Sumedang atau potensi peluang  atas dilaluinya oleh jalan Tol Cisumdawu," kata Ermi Triaji, Ketua DPD Partai Gelora kepada TiNewss.com, Minggu (17/10/20).

Baca Juga: Atalia Ridwan Kamil Sampaikan Klarifikasi dan Belasungkawa ke Korban Susur Sungai Kabupaten Ciamis

Menurut Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi ini, setelah melakukan inventarisir dan ditemukan kerugiannya, misalnya, adanya masyarakat yang dirugikan secara tidak langsung, diantaranya banyaknya lahan pertanian yang kena Right of Way (RoW) jalan tol Cisumdawu yang mengakibatkan banyak petani penggarap dan buruh tani yang kehilangan pekerjaan. Mereka tidak memiliki modal untuk usaha dan tidak punya pekerjaan lain, selain bertani. 

Itu merupakan salah satu contoh elemen masyarakat kita yang terugikan. Dia bukan Orang Terkena Dampak (OTD) secara langsung yang tanahnya kena tol,  tetapi berimbas pada kehidupannya. Nah  data dulu masalah-masalah seperti itu dan bagaimana cara menyelesaikannya, sebelum kita berbicara tentang peluang-peluang yang ada atas adanya jalan Tol Cisumdawu ini.

Baca Juga: Fudiki Kirimkan 2 Founder Untuk Turut Uji Kompetensi Pendamping UMKM Nasional

Berkaitan dengan peluang, Ermi Triaji mengatakan pemerintah daerah sebagai dirigen yang bisa mengkolaborasikan, mengkonsolidasikan berbagai potensi yang ada di Sumedang. Dari data-data potensi yang ada kemudian membuat strategi dan action plannya terkait dengan pemanfaatan peluang itu.

Lebih lanjut Ermi Triaji mengatakan perlu adanya masukan dari beberapa elemen masyaarakt seperti dunia usaha, dunia akademisi untuk berembug dari sudut pandang yang beragam, untuk mengolah peluang yang ada disandingkan dengan potensi yang kita miliki. Sehingga jadilah strategi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumedang.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sumedang Dapat DID 37 Miliar, Cek Untuk Apa Saja?

Rabu, 17 November 2021 | 06:00 WIB
X