• Sabtu, 16 Oktober 2021

PPKM Jawa Bali Diperpanjang, Kenapa Sumedang Masih Level 3?

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:31 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan Pengumuman Pemberlakukan PPKM ((doc TiNewss.com))
Presiden Jokowi saat memberikan Pengumuman Pemberlakukan PPKM ((doc TiNewss.com))

TiNewss.com – Presiden Jokowi akhirnya melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali mulai 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Tindak lanjut arahan presiden Jokowi ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri No 47 Tahun 2021, dengan gambaran umum tidak ada lagi level 4, baru 1 yang berada di level 1 yakni Kabupaten Blitar di Jawa Timur sisanya berada di level 3 dan level 2.

Berdasarkan Inmendagri No 47 Tahun 2021, Kabupaten Sumedang masih berada di level 3. Kenapa? Padahal Kabupaten Sumedang mendapat penghargaan dari Presiden untuk percepatan menghabiskan Dosis Vaksinasi COVID-19.

Pada Diktum KESATU Inmendagri No 47 Tahun 2021 disebutkan bahwa di Jawa Barat yang masih level 3 adalah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kota Tasikmalaya, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasim Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, dan kabupaten Garut.

Baca Juga: Kabupaten Sumedang Capai Vaksinasi Terbaik SeJawa Barat

Sedangkan untuk level 2 di Jawa Barat justru Kabupaten yang sudah membuka diri dengan wisata seperti Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar dan Kota Cirebon.

Lalu kenapa Sumedang masih Level 3? Berikut dijelaskan dalam Diktum KEDUA Inmendagri No 47 tahun 2021.

Penjelasan pada DIKTUM KEDUA penurunan level dari level 3 ke level 2 adalah sebagai berikut:

“…. a. penurunan level Kabupaten/Kota dari level 3 (tiga) menjadi level 2 (dua), dengan capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) minimal sebesar 50% (lima puluh persen) dan capaian vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun minimal sebesar 40% (empat puluh persen)…”

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perda KPJ, Tambahan Daya Gedor Keberpihakan Pemerintah

Rabu, 22 September 2021 | 06:30 WIB

Relawan Sumedang Pasti Bisa Bikin Aksi Lagi

Senin, 20 September 2021 | 12:34 WIB
X