• Kamis, 19 Mei 2022

Terkait Museum, Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang: Itu Informasi Sesat!

- Jumat, 19 Februari 2021 | 11:00 WIB
Pernyataan Resmi Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang Terkait Informasi Sesat TiNewss
Pernyataan Resmi Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang Terkait Informasi Sesat TiNewss


TiNewss.com - Rd. Luky Djohari Soemawilaga selaku Ketua Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang menyampaikan beberapa hal penting terkait menyebarnya informasi yang tidak benar baik di media sosial dan kalangan masyarakat umum khususnya Sumedang, tentang Museum Prabu Geusan Ulun (Gedung Srimanganti) yang merupakan Harta Benda Wakaf Pangeran Aria Soeria Atmadja (PASA) yang dikelola secara sah oleh Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang.





Rd. Luky Djohari Soemawilaga bersama tim advokatnya dalam Press Realesnya yang disampaikan kepada Redaksi TiNewss.com mengatakan, PASA yang sebelumnya telah di ikrarkan pada tanggal 22 September 1912 yang kemudian telah menyesuaikan dan mengikuti ketentuan dan peraturan perundang-undangan tentang wakaf yang berlaku, sehingga dalam pelaksanaan peraturannya berdiri Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang pada tanggal 22 September 2017





Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang adalah satu - satunya Yayasan yang sah secara hukum atas pengelolaan dan pemanfaatan Harta Benda Wakaf Pangeran Aria Soeria Atmadja, salah satunya Museum Prabu Geusan Ulun (Gedung Sirmanganti),” ujarnya





Luky menjelaskan dalam hal kepemilikan yang sah ini museum Prabu Geusan Ulun, menyampaikan dan menurutnya didasarkan pada, Ikrar Wakaf PASA dan daftar wincikan atau rincian wakafnya. Penetapan Pengadilan Agama Sumedang tentang pengukuhan Ikrar wakaf PASA. Keputusan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia Nomor : 009/BWI/NZ/2017 tanggal 03 November 2017 penetapan Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang sebagai nazhir wakaf PASA serta Undang-undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.





“Oleh kerenanya, tidak benar ada pihak lain di luar Yayasan Nazhir Wakaf Pangeran Sumedang, yang mengaku-ngaku memiliki hak untuk mengelola Museum Prabu Geusan ulun (Gedung Srimanganti),” jelasnya.

Halaman:

Editor: Andi Antoni

Tags

Terkini

X