• Rabu, 29 Juni 2022

Wabup Erwan: Memajukan Gerakan Literasi Kitab Kuning

- Senin, 4 Januari 2021 | 15:12 WIB
WhatsApp Image 2021-01-04 at 13.06.40
WhatsApp Image 2021-01-04 at 13.06.40






TiNewss.com - Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, SE, menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Literasi Kitab Kuning Bersama Forum Pondok Pesantren (FPP) serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, sebagai bentuk dukungan gerakan literasi terhadap Kitab Kuning sekaligus melakukan evaluasi atas hasil yang dicapai oleh santri-santridi khususnya Kabupaten Sumedang, bertempat di Komplek Islamic Center/Pusdai Sumedang. Senin, (04/01/2021)





Disampaikan Wabup H. Erwan Setiawan, SE dalam kegiatan tersebut bahwa, Kitab Kuning merupakan nama bagi kitab atau referensi utama yang dikaji oleh para santri-santri di pondok pesantren.





"Sebagai salah satu prasyarat untuk bisa dikatakan pesantren oleh ahli sejarah adalah Kitab Kuning. Kitab Kuning juga dengan kata lain, dalam teori pesantren, selain ada kiyai, masjid, asrama dan santri, satu hal lagi yg tidak bisa dilepaskan dari pesantren adalah Kitab Kuning," ucapnya





Dalam sambutan dan arahannya, Erwan menyampaikan kegiatan workshop dengan tema 'Peningkatan Daya Saing Pondok Pesantren Sebagai Salah Satu Garda Terdepan Pendidikan di Indonesia'.

Halaman:

Editor: Andi Antoni

Tags

Terkini

X