TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Sering Banjir Di Depan Dinas Pertanian, DPUPR Sumedang dan Kementerian PUPR Lakukan Survei

TiNewss.com – Menginjak musim hujan yang diperkirakan akan sering terjadi, Tim Seksi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Sumber Daya Air dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang bersama PJN Kementerian PUPR melakukan survey rencana penanganan genangan depan Dinas Pertanian kabupaten Sumedang.

Genangan air di drainase di depan Dinas Pertanian kabupaten Sumedang tersebut sering terjadi luapan sehingga keluar tumpah ke jalan utama Sumedang- Bandung. Ini kerap kali mengakibatkan banjir.

Demikian disampaikan Sektetaris Dinas PUPR R. Sony N didampingi Deden S Ginanjar, Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan DPUPR Sumedang seusai melakukan kegiatan survei rencana penanganan genangan ini dilakukan hari ini.

“Hari ini Kami telah melakukan survey bersama Tim PPK 4.3 PJN 4 Provinsi Jabar, Kepala UPTD PUPR Wilayah Sumedang Kota dan Tim BPBD Kab. Sumedang,” ujarnya.

“Dari hasil survey yang Kami amati, pada ruas jalan pangeran Kornel ( jalan Bandung – Sumedang) terdapat 2 titik gorong – gorong yang harus di perbesar/ diganti dengan Box Culvert besar, 2 titik gorong – gorong dan debit airnya akan dibuang ke Sungai Cipicung,” tambahnya.

Dari kedua drainase yang harus diperbaiki yakni di depan kantor Dinas Pertanian dan perempatan jalan Sindang Palay dan jalan Parigi Gunung Gadung.

Sementara itu, Deden mengatakan bahwa akibat terjadinya banjir tersebut diduga kecerobohan masyarakat yang sering membuang sampah ke drainase tersebut.

“Apabila sedang terjadi hujan besar, banyak sampah yang tersumbat di gorong-gorong tersebut sehingga menyebabkan banjir di Jalan Nasional dan perlu adanya penanganan perbaikan/rekonstruksi trotoar karena kondisi saat ini sangat memerlukan perbaikan,” tandasnya. (Adhi SH)***