TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Sejarah Panjang: Akhirnya DKI Jakarta Punya Wakil Gubernur Lagi, Riza Patria

Jakarta, TiNewss.com – Ahmad Riza Patria, Politisi Senayan 2 periode berusia 50 tahun, akhirnya berhasil menjadi pemenang dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ketua DPP Partai Gerindra ini, mengungguli pesaingnya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis dalam pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022.

Tentu saja hasil pemilihan ini, menghentikan sejarah panjang DKI yang tidak memiliki Wakil Gubernur sejak di tanggalkan oleh Sandiaga Uno, yang mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden.

Pemilihan wagub pendamping Gubernur DKI Anies Baswedan dilakukan DPRD DKI Jakarta di tengah darurat penanganan pandemi virus corona (Covid-19), Senin (6/4).

Sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP telah memberikan suaranya. Hadir 100 anggota DPRD Jakarta dalam pemilihan kali ini.

Berdasarkan hasil pemilihan, Riza unggul dari Nurmansyah. Riza mangantongi 81 suara, Nurmansyah 17 Suara. dan suara tidak sah sebanyak dua suara.

Pemilihan wakil gubernur DKI ini sempat tertunda sejak tahun lalu. Partai pengusung Anies-Sandiaga pada Pilkada Jakarta 2017, Gerindra dan PKS tarik-ulur terkait calon yang diusung menggantikan Sandiaga Uno.

Setelah alot, Gerindra dan PKS akhirnya sepakat masing-masing mengusulkan satu nama untuk mengikuti pemilihan wagub DKI. Riza Patria, kini tinggal ditetapkan sebagai wakil gubernur DKI mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Profil Riza Patria, Pendamping Anies Baswedan

Pria yang dilahirkan di Banjarmasin, 17 Desember 1969 ini memiliki nama lengkap Ir. Ahmad Riza Patria, M.B.A. Putra dari Drs. H. Amidhan Shaberah (Ketua MUI periode 1995-2015) dan Ibunya bernama Hj. Rasyidah. Riza memiliki istri, Ellisa Sumarlin dan 3 anak masing-masing Aisha Safa Putri Callista, Aqila Khiaranisa, dan Athila Hannadhira.

Riza Patria, tercatat menjadi anggota DPR RI selama 2 periode yakni periode tahun 2014-2019, dan 2019-2024. Di DPR RI, Riza Patria menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR dan Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR (2014-2019), dan Wakil Ketua Komisi V DPR serta Ketua Fraksi Gerindra MPR (2019-2024).

Lulusan MBA ITB, dan Sarjana Teknil Sipil dari ISTN Jakarta. Riza adalah alumni SMA dan SMP Islam Al-Azhar Pusat Jakarta.

Riza Patria juga tercatat sebagai pengusaha dan pernah menjadi Presiden Direktur di PT. Gala Ray Pratama, dan PT. Gala Ariatama serta menjadi Principal pada Ray White Casablanca. (Rauf Nuryama)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares