TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

SatpolPP Tindak Tegas Pasar Tumpah Di Sumedang

TiNewss.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang akan tindak tegas kepada pasar tumpah yang tidak berizin apalagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar bisa mengurangi penularan virus COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penegakan Perundang Undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Sumedang Rizal kepada Jurnalis TiNewss.com, Senin (15/2/2021) petang.

Sebelumnya pihak Satpol PP Tindak Tegas Pasar Tumpah Di Kabupaten Sumedang Di Masa Pandemi yang telah melakukan pengenaan Sanksi Administratif di Pasar Tumpah Unpad Serta malakukan pembubaran pedagang pasar tumpah Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang Minggu (14/2) kemarin hari.

“Untuk kegiatan pasar tumpah. Sampai saat ini pasar lainnya juga sudah di beritahukan untuk tidak ada aktifitas termasuk pasar tumpah TOL BOJONG,” tegas Rizal.

Imbauan tersebut ditegaskan oleh pihak Satpol PP agar warga sadar akan bahayanya virus COVID-19 dan mencegah penularannya secara meluas.

“Sesuai pemberlakuan pengenaan sanksi administratif , sesuai Peraturan Bupati Sumedang Nomor 05 Tahun 2021 tentang Pengenaan Sanksi adminstratif terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Penanggulangan Corona Virus Disease 2019,” terang Rizal.

Pengenaan Sanksi Administratif tersebut meliputi warga yg tidak memakai masker, pengendara kendaraan roda dua yang tidak memakai masker, dan hal-hal lainnya yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Hingga saat Satpol PP telah mencatat jumlah pengenaan sanksi dengan jumlah denda administrative sebesar Rp. 297.000.000 dan sudah disetorkan ke kas daerah Kabupaten Sumedang.

Sebagai himbauan kepada seluruh masyarakat mulai dari diri sendiri senantiasa untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M (memakai masker,mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,menjaga jarak,menghindari kerumunan serta membatasi untuk mobilisasi apabila tidak terlalu penting). (Adhi SH)***