TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Ilustrasi : Kegiatan di Dalam Rumah Sakit

Rumah Sakit di Bandung Penuh Pasien COVID-19: Hoax atau Fakta

TiNewss.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengklarifikasi bahwa broadcast di Whatsapp yang menyebutkan hari ini semua rumah sakit (RS) di Kota Bandung penuh dengan pasien COVID-19 adalah bohong atau hoax. Masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya jangan sampai mudah percaya dengan sebaran dimaksud.

Demikian disampaikan Rita dalam menanggapi pesan berantai yang meresahkan tersebut, Rabu (2/12/20).

Rita menegaskan kamar dan tempat tidur untuk penanganan pasien COVID-19 di Kota Bandung masih tersedia banyak dan masih di angka di atas 80 persen.

“Saat ini total ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Kota Bandung untuk pasien COVID-19 masih tersedia 85,6 persen,” kata Rita Verita dikutip INews.

Dia menjelaskan hal itu mungkin masyarakat cenderung terpusat ke rumah sakit tertentu yang sudah cukup dikenal sementara itu RS di Kota Bandung ada puluhan dari tipe A, B hingga C.

“Di Kota Bandung terdapat 27 rumah sakit yang menyediakan tempat tidur untuk pasien COVID-19. Selain itu, Pemkot Bandung juga telah menambah kapasitas tempat tidur di RSKIA sebanyak 54 tempat tidur sehingga total rumah sakit di luar RSKIA telah menambah 86 tempat tidur,” jelas Rita.

Dalam pesan bohong yang beredar itu isinya “Hari ini semua RS di kota Bandung ruang rawat COVID penuh, pasien tertahan di UGD tidak tahu mau dirujuk kemana”.

Dalam sebaran pesan tersebut juga menjelaskan tata cara agar tidak tertular COVID-19. dan diakhir pesan, tertulis pesan agar sebaran ini disebar ke teman , saudara ataupun siapapun.

Lebih lanjut Rita Verita mengakui bahwa di Kota Bandung sendiri tiap harinya terus ada kenaikan pasein COVID-19.

“Sehingga Kota Bandung berada pada posisi zona merah,”pungkasnya. (Adhi SH)***