TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

RKPD Tahun 2022 Disambut Baik DPRD Dalam Akselerasi Sumedang Simpati

TiNewss.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana, S.E mengpresiasi penyusunan RKPD 2022 dalam memberikan sambutan atau arahan dalam acara pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Ranwal Renja Perangkat Daerah Tahun 2022. Acara penyusunan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 secara serentak dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting, di Ruang Kerjanya, Senin (22/2/2021).

Dalam acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman.,M.Si.

Menurut Sekda, penyusunan ranwal ini merupakan bagian dari manajemen pemerintahan, merencanakan mengorganisasikan termasuk menganggarkan, baru kita mengeksekusi pelaksanaan dan monitoring. Karena tata kelola pemerintahan harus akuntable, bisa dipertanggungjawabkan dalam RKPD Tahun 2022.

“Pada dasarnya sistem pembangunan nasional dan tahapan yang harus dilalui atau dilaksanakan adalah Forum Perangkat Daerah dan diharapkan semua SKPD dan Kecamatan dapat melakukan Forum Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing masing dalam RPJMD dan output dari Forum Perangkat Daerah ini bisa menjadi raw input dalam Musrenbang Kabupaten akan lebih optimal,” ujarnya.

Begitu juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Heryana, S.E menyampaikan sejumlah catatan yang ditemukan dari hasil penyelenggaraan Musrenbang atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan di tingkat kecamatan, dalam beberapa waktu lalu, salah satunya, banyaknya perencanaan yang mengusulkan bantuan keuangan Desa.

“Anggaran desa yang diperoleh dari Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (DD dan ADD), kemudian bantuan keuangan provinsi secara khusus ke desa sudah mengalir secara rutin,” ungkapnya.

Jajang juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui dinas terkait agar melakukan evaluasi terkait banyaknya usulan yang datang dari desa tersebut.

“Ini menjadi catatan bagi kami bahwa kenapa dari Desa masih muncul atau banyak usulan melalui bantuan keuangan Desa. Ini mohon nanti di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dikaji, sehingga ada apa ko usulannya banyak,” jelasnya.

Begitu juga dalam hal ini, Jajang menyambut baik tema perencanaan pembangunan atau RKPD Tahun 2022 atau yaitu Akselerasi Sumedang Simpati dengan Kolaborasi dan Inovasi. Menurutnya, melalui kolaborasi, elaborasi dan inovasi merupakan suatu kekuatan pemerintah untuk membangun daerah secara bersama-sama.

“Bagaimana inovasi yang harus kita lakukan dalam perencanaan pembangunan atau RKPD Tahun 2022, tentunya harus sejalan, seiring dengan bagaimana perencanaan pembangunan nasional dan provinsi, tetap sinergi dengan rencana pembangunan daerah Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Sehingga dengan hal ini juga Jajang mengatakan terkait berbagai banyaknya usulan-usulan pada Musrenbang Kecamatan, hendaknya bisa dirembukkan di Forum Perangkat Daerah di masing-masing SKPD.

“Apa yang menjadi patokan dari masyakat dan kesesuaian dengan rencana pembangunan nasional dan provinsi ini bisa sebaik mungkin dikolaborarikan, sehingga tujuan-tujuan pembangunan nasional bisa sinergi dengan keinginan masyarakat Sumedang,” pungkasnya. (Andi A)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •