TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Ridwan Kamil Jadi Kandidat Calon Presiden Versi Puspoll Indonesia

TiNewss.comGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjadi salah satu calon presiden pilihan masyarakat pada Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang. Demikian disampaikan Muslimin Tanja, Direktur Eksekutif pada Pusat Polling (Puspoll) Indonesia dalam Rilis Survei Nasional dengan judul Menakar Peluang Capres 2024 dan Tangan Poros Partai Islam di Jakarta, Minggu (23/05/2021).

“Berdasarkan tingkat kepantasan untuk menjadi Calon Presiden, RK menempati posisi ke-4 dengan skor 45,8 persen berada di bawah Prabowo Subianto (66.2%), Anis R. Baswedan (60.1%), Sandiaga Salahudin Uno (50.8%),” kata Muslimin.

Sedangkan untuk posisi Wakil Presiden, Kepantasan RK menempati urutan ke-3,dengan nilai sebesar 43,1%, berada di bawah Sandiaga Salahudin Uno (54.4%), Anies R. Baswedan (48.7%),

Puspoll Indonesia, juga menyajikan data survei terhadap elektabilitas Calon Presiden. Dari 22 Nama yang dijagokan, Ridwan Kamil menduduki posisi Nomor 5 dengan skor 4.9, setelah Prabowo, Anies, Ganjar, dan Sandiaga Uno.

RK lebih disukai pemilih Perempuan (5.3%) dibanding pemilih laki-laki yaitu sebanyak (4.5%). Sedangkan berdasarkan kewilayahan RK harus puas di posisi ke-2 (15%) di Jawa Barat dengan urutan pertama Prabowo Subianto (26.4%).

“Kami melakukan survei juga dengan menyampaikan 11 Kadidat, Posisi pertama Pak Prabowo sebanyak 23,3, Anies Basweda (16.8%), Ganjar Pranowo (16.3, sedangkan Ridwan Kamil di urutan keempat dengan skor 80, Persen,” tambah Muslimin.

Ridwan Kamil memiliki tingkat popularitas sebanyak 70.1 dan disukai sebanyak 63.8. Emil, berada di urutan ke 6 dari tingkat popularitas di bawah Prabowo Subianto. Megawati Soekarno Putri, Anies R. Baswedan, Sandiaga Salahudin Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

“Ketika kandidat calon di kerucutkan menjadi 4 orang, ada Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi, kemudian Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil,” katanya.

Ridwan Kamil masuk 5 besar dalam urutan Calon Presiden yang mewakili Generasi Muda.

Namun berdasarkan wilayah, ternyata RK kalah dibanding Prabowo untuk kemenangan suara di Jawa Barat. Prabowo memperoleh 26.4 persen sedangkan RK harus puas dengan 15 Persen. Basis suara RK selain di Jawa Barat, mendapatkan suara bagus di DKI Jakarta, Banten sebanyak 13.8%. Beberapa wilayah lain berkisar dibawah 2 persen, kecuali Maluku dan Papua 0%. (Rauf N)***