TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Ridwan Kamil Bantu Rutilahu Desa Margalaksana

TiNewss.com – Progam perbaikan 11 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat (Disperkim Jabar) Boy Iman Nugraha, telah mensosialiasikan sebanyak 24 Desa Kabupaten Sumedang bersama Dinas Perumahan Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, yang akan mendapatkan bantuan tersebut masing- masing 20 unit rutilahu, sedangkan 40 unit rutilahu di Desa Margalaksana dan Sukajaya.

Sebelumnya Kepala Disperkim Jabar, Boy Iman Nugraha, menyampaikan bahwa bantuan rutilahu Ridwan Kamil ini bertahap, bantuannya untuk 20 unit. Terkecuali untuk Desa Margalaksana dan Desa Sukajaya, masing-masing dapat 40 unit bantuan rutilahu,” ungkap Boy Iman Nugraha pada sosialisasi beberapa waktu lalu di Sumedang.

Sementara itu, Dani Mulyana, Kasie Pelayanan selaku Tim Teknis Rutilahu mengatakan kepada jurnalis TiNewss.com, Rabu,(06/12/2020) bahwa Progam Ridwan Kamil dalam Perbaikan Rutilahu, Desa Margalaksana sebelumnya mengajukan 120 rumah panggung, dan di acc sebanyak 60 unit, namun ada perubahan lagi menjadi 40 unit, masih ada rumah panggung yang belum terbantukan,” ucap Mulyana.

Mulyana juga menjelaskan, bahwa bantuan Ridwan Kamil tersebut bukan uang akan tetapi dalam bentuk bahan material bangunan, seperti, batu, pasir, besi, semen atau lainnya dengan besaran bantuan per unit sebesar 17,5 juta.

Rutilahu sendiri di Desa Margalaksana menurut Mulyana telah mengajukan dari tahun 2019, sedangkan pengerjaannya dikerjakan sendiri atau oleh pemilik rumah sendiri dibantu masyrakat setempat gotong royong. Dari Desa hanya menyediakan bahan material saja, upah atau komsumsi dari pemilik rumah atau penerima bantuan.

“Pengerjaaan dari awal dan sepakat akan dikerjakan serentak, ketika barang material sudah datang didepan rumah harus segera dikerjakan guna mengantisipasi rusaknya barang, dan mempercepat proses administrasi,” ungkapnya.

Dalam pembagian perbaikan bantuan Ridwan Kamil, rutilahu Desa Margalaksana sendiri terdapat 6 RW, semuanya masing-masing terwakili mendapatkan dengan jumlahnya bervariasi melihat dari RW yang sebelumnya mendapatkan bantuan rutilahu, diberikan jumlah yang sedikit. Sedangkan RW yang belum pernah mendapatkan perbaikan Rutilahu diberikan paling banyak hal ini demi pemerataan di Desa, begitu juga dalam sistem pelaporan nantinya akan dibantu konsultan pendamping progam Perkim Sumedang.

Mulyana dalam hal ini menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Jabar Ridwan Kamil, melalui Disperkim Sumedang.

“Kami ucapkan terimakasih atas pemerintah desa telah dibantu mendapatkan perbaikan rutilahu, kedepannya bisa terbantu lagi,” pungkasnya.(Andi Antoni)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares