TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Resmikan Galeri UMKM Di Surian, Bupati Di Suguhi Tari Umbul

TiNewss.com – Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir meresmikan Galeri UMKM di Kecamatan Surian, Rabu (7/10/2020).

Tidak seperti biasanya, peresmian galeri UMKM yang mengambil brand Galeri Mulus, di suguhi Tari Umbul dan Tari Jaipongan khas Kecamatan Surian.

Mulus, Maju bersatu UMKM/Uppks Lebih maju Untuk Kecamatan Surian.

Selain disuguhi tarian tersebut, Bupati memberikan kuis terkait dengan protokol kesehatan, cara mencuci tangan.

Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada pelaku UMKM di Surian. Untuk memiliki tujuan meningkat kesejahteraan masyarakat.

“Galeri adalah etalase untuk pemasaran selain online,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan 2 masalah yang sering di hadapi UMKM yaitu pemasaran dan modal.

“Untuk akses ke Pemasaran, dengan adanya galery diharapkan akan menjadi sentra penjualan proudk UMKM, sehingga semua orang yang membutuhkan oleh-oleh atau produk Surian, tinggal datang ke Galeri,” jelas Bupati.

Sedangkan untuk akses permodalan,Pemerintah sudah menyediakan KUR (perbankan), kredit usaha kecil, Bantuan untuk UMKM sebesar Rp 2,4 Juta. Dan Sumedang mengajukan sebanyak 48 ribu UMKM.

“Setelah di verifikasi lolos sebanyak 38.000 UMKM, namun baru cair sebanyak 8.000 melalui BRI. Ditambah, program untuk UMKM, dengan sumber dana dari DID, yang bentuknya barang,” jelas Bupati.

Masih menurutnya, UMKM memiliki jiwa enterpreneurship yang mau menanggung resiko. Ke depan harus ada klaster tentang UMKM tersebut, apakah sudah termasuk Mandiri, berkembang atau baru pada fase tumbuh.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, Kabag Ekonomi, Kabag Humas dan Protokol, Kabid UMKM Diskompumkmpp Kabupaten Sumedang, serta unsur Forkopimcam, Para Kepala Desa, Ketua Tim Penggerak PKK, dan tidak ketinggalan para Koordinator Forum UMKM Kecamatan se Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Forum Silaturahmi dan Komunikasi UMKM Kecamatan Surian, Heni Rukmini, menyampaikan bahwa keberadaan Galeri UMKM di Surian karena termotivasi oleh Kecamatan lainnya yang sudah melakukan launching. (Adhi SH)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •