Bukan Pedesan Entog Makanan Khas Indramayu, Yang Satu Ini Paling Populer

- Senin, 30 Januari 2023 | 19:46 WIB
Pantai Karangsong tempat menikmati makanan khas Indramayu. (TiNewss.Com/Hendra M)
Pantai Karangsong tempat menikmati makanan khas Indramayu. (TiNewss.Com/Hendra M)

TiNewss.Com - Selain Pedesan Entog ada lagi makanan pavorit khas Indramayu yang banyak diminati baik masyarakat sekitarnya juga warga dari luar kota Indramayu

Daerah Indramayu yang berlokasi di pesisir Pantura memang menjadi hal yang wajar bila di warung-warung atau restoran di daerah itu banyak berbau seafood yang menjadi sajian utamanya.

Gomyang Manyung merupakan menu yang terbuat dari bahan utamanya adalah kepala ikan Manyung yang dagingnya dijadikan bahan untuk membuat ikan asin jambal roti yang menjadi pavorit khas dari daerah Indramayu.

Baca Juga: 10 Nama-Kecamatan di Kota Tasikmalaya, Ternyata Nomor 9 Memiliki Kelurahan Paling Banyak

Kepala ikan Manyung yang tadinya dibuang dan menjadi limbah kini menjadi kuliner andalan bagi pelancong yang berkunjung ke Dermayon.

Baiklah kita akan membahas dulu sejarah Gomyang Manyung, sekitar tahun 2006 penjual makanan mulai mempunyai gagasan untuk mengolah limbah ikan manyung yang melimpah untuk diolah menjadi makanan yang enak, kepala ikan dibumbui pindang  sehingga menu ini disebut Pindang Gomyang Manyung.

Asal kata Gomyang bahasa Indramayu berarti besar, sajian pindang Gomyang memang besar, biasanya yang disajikan setengah kepala ikan Manyung.

Baca Juga: Bandung ke Indramayu lewat Tol Cisumdawu berapa lama? Ternyata segini lamanya ....

Cara pengolahan kepala ikan Manyung perlu dikukus atau di rebus sebelum dibumbui, lalu kepala ikan manyung diberi bumbu utama seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam Jawa, tomat, dan cabe rawit.

Sepintas ikan Manyung mirip dengan kepala kakap pada sajian kuliner di masakan Rumah Makan Padang, tetapi tentu citra rasa yang berbeda.

Pindang Gomyang Manyung berawal dari Rumah Makan Panorama Karangsong Indramayu yang mulai menjadi kuliner yang tidak bisa dilewatkan kalau berkunjung ke pantai Karangsong Indramayu.

Berawal dari seorang warga bernama Carmiah yang mengolah ikan kepa─║a jambal roti menjadi Gomyang.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sagitarius Senin, 30 Januari 2023: Anda Menikmati Pekerjaan yang Dilakukan

Dalam perjalanan penjualan makanan ini awalnya aneh karena ada menu kepala ikan yang dipindang semakin kesini terkenal sehingga banyak rumah makan sekitar Rumah Makan Panorama menjual Gomyang.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X