Kisah Malaikat Harut dan Marut dalam Pemahaman Kontemporer

- Selasa, 24 Januari 2023 | 06:59 WIB
Ilustrasi ritual sihir kuno  (Pixabay)
Ilustrasi ritual sihir kuno (Pixabay)

 


TiNewss.COm - Kisah Malaikat Harut dan Marut disebutkan hanya sekali dalam Al-Qur'an, yaitu dalam Surat Al-Baqarah Ayat 102.

Karena itu untuk memahami hakikat sihir yang diajarkan oleh kedua Malaikat Harut dan Marut pada zaman Nabi Sulaiman itu, sekaligus untuk membantah cerita Israiliyat seputar kisah ini, kita harus menelusur berbagai penafsiran atas Ayat ini.

Menurut Syekh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, pakar Fiqh dan Tafsir dari Suriah, dalam
tafsirweb.com, sebab turunnya ayat ini berdasarkan riwayat dari Muhammad Ishaq dan Imam Thabari dan lainnya, adalah karena ada beberapa pendeta Yahudi yang berkata:

“Jangan heran kalian dengan Muhammad, yang berkata bahwa Sulaiman adalah seorang nabi. Itu semua bohong, Sulaiman hanyalah seorang penyihir.” Maka turunlah ayat ini.

Berikut dinukil salah satu Tafsir Kontemporer pada web di atas tentang Ayat ini. Dengan asumsi bahwa Tafsir Kontemporer ini sudah mempertimbangkan pendapat para ahli Tafsir sebelumnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sagitarius hari Ini Selasa, 24 Januari 2023: Keluarga Anda Menuntut Perhatian

Syaikh As-Sa'diy menerangkan dalam kitab Tafsirnya bahwa sudah menjadi ketentuan dan hikmah Ilahiyyah, bahwa barang siapa yang meninggalkan sesuatu yang memberinya manfaat dan ia bisa mengambil manfaat itu, tetapi malah meninggalkannya, maka ia diuji dengan kesibukan-kesibukan yang memadharatkannya.

Barang siapa yang tidak beribadah kepada Allah, maka ia ditimba musibah dengan beribadah kepada selain-Nya. Barang siapa yang meninggalkan cinta kepada Allah, takut dan berharap kepada-Nya, maka ia akan ditimpakkan musibah dengan cinta kepada selain Allah, takut dan berharap kepada selain-Nya.

Barang siapa yang tidak menafkahkan harta untuk keta'atan kepada Allah, maka ia akan menafkahkan hartanya karena menta'ati setan. Barang siapa yang tidak menghinakan dirinya kepada Tuhannya, maka akan ditimpa musibah dengan menghinakan diri kepada sesama hamba.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Sumber: Kosmologi Islam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Negeri Shin itu adalah Sundaland Nusantara

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:12 WIB

'Lily', Lagu Persembahan Dajjal

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:45 WIB

Mereka Mengontrol Semua Jenis Hiburan

Selasa, 31 Januari 2023 | 06:03 WIB

Saat Istri Memarahi Suaminya, Bidadari Marah

Senin, 30 Januari 2023 | 07:46 WIB

Simbol Satanik di Dunia Musik

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:37 WIB

Keajaiban Statistik Kosa Kata dalam Al-Qur'an

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:01 WIB

Keutamaan Do'a Nabi Musa A.S dan Cara Mengamalkan

Jumat, 27 Januari 2023 | 07:30 WIB
X