Penilaian Akhir Semester Semi Daring

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:00 WIB
Penilaian Akhir Tahun Semi Daring (TiNewss.Com/NunungJulaeha)
Penilaian Akhir Tahun Semi Daring (TiNewss.Com/NunungJulaeha)

TiNewss.Com - Setiap menjelang akhir semester, yang secara umum berlangsung pada awal bulan Desember, peserta didik dihadapkan kepada Penilaian Akhir Semester. Dalam Kurikulum 2013, biasa disebut Penilaian Akhir Semester (PAS).

Sedangkan yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka menggunakan asessmen. Sementara asesmen itu sendiri tidak harus dilaksanakan atau wajib dilakukan pada akhir semester, karena assesmen lebih ditekankan pada kegiatan atau selama proses pembelajaran berlangsung (formatif).

Pembelajaran daring yang secara umum diperkenalkan pada masa Covid 19, telah mengantarkan kepada satu kondisi, dimana sekolah, guru maupun peserta didik dilatih untuk terbiasa menggunakan pembelajaran yang berbasis online (LMS) dengan berbagai platform pembelajaran yang ditawarkan, salah satunya Google Classroom.

Kondisi ini mengakibatkan baik sekolah, guru maupun peserta didik untuk trampil menggunakan dan memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran.

Baca Juga: Dengan Bangga Justin Holiday Kenakan Batik Indonesia, Siapa Dia, Apa Katanya?

Selain proses pembelajaran daring dengan memanfaatkan platform pembelajaran, Penilaian Akhir Semester yang dijadwalkan oleh sekolah, secara umum sekolah-sekolah mulai menggunakan berbagai aplikasi penilaian online (daring) atau semi daring. Sekolah-sekolah mulai meninggalkan Penilaian Akhir Semester yang berbasis kertas (offline).

Kondisi ini tentu sangat menguntungkan berbagai pihak, terutama sekolah, anggaran kegiatan bisa dihemat. Peserta didik cukup menyediakan perangkat pendukung seperti handphone, kuota yang cukup, serta jaringan yang baik.

dana BOS bisa digunakan untuk memberikan kuota internet kepada peserta didik yang cukup selama kegiatan PAS berlangsung.

Secara tekhnis peserta didik, tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran, bahkan bisa jadi jauh lebih mahir dibandingkan guru.

Baca Juga: Awali dari Akhir dan Akhiri dari Awal, Ini Rumus Sederhana Untuk Sukses

Peserta didik bisa menggunakan akun belajar.id atau aku pribadi untuk bisa membuka dan mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan oleh guru masing-masing, melalui panitia PAS.

Selain penilaian yang dilakukan secara online , dimana peserta didik bisa mengerjakan soal dimana saja, penilaian juga bisa dilakukan secara semi daring.

Penilaian semi daring tetap dilakukan di sekolah, melalui pengawasan guru-guru, akan tetapi peserta didik mengerjakannya secara online dengan menggunakan handphonenya masing-masing atau perangkat komputer yang disiapkan sekolah.

Bentuk pengawasan guru ketika berlangsung penilaian semi daring, difokuskan untuk mengawasi jalannya kegiatan PAS, memastikan peserta didik mengikuti penilaian sesuai jadwal, bisa masuk dan menyerahkan hasil penilaian secara online.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mitos Anak Belajar Bahasa Inggris (Part 4)

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:54 WIB

Mitos Anak Belajar Bahasa Inggris (Part 3)

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:54 WIB

Mitos Anak Belajar Bahasa Inggris (Part 1)

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:35 WIB

Demam Bahasa Inggris, Bagus?

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:58 WIB
X