Inilah Doa yang Dianjurkan Nabi Jika Terjadi Bencana Alam

- Sabtu, 26 November 2022 | 06:59 WIB
Ilustrasi Doa Saat Terjadi Bencana Alam (pixabay)
Ilustrasi Doa Saat Terjadi Bencana Alam (pixabay)

 

TiNewss.Com - Bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, termasuk gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat pada Senin sore, 21 November 2022.

bencana alam ini telah memotivasi umat Islam untuk berusaha tetap dekat dengan Allah SWT, termasuk berdoa memohon perlindungan jika terjadi gempa.

Gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 menyebabkan 162 orang meninggal, 326 luka-luka dan 13.784 warga mengungsi.

bencana alam membuat banyak orang takut dan khawatir jika sesuatu yang buruk terjadi.

Untuk itu umat muslim dapat melafalkan doa yang dianjurkan oleh Nabi SAW saat terjadi musibah bencana alam di bawah ini sebagaimana dikutip dari situs resmi bimas islam.

Baca Juga: Dari Ukraina ke Pax Judaica: Menuju Dunia Tanpa Uang Tunai. LGBT dan Piala Dunia ( Bagian 18)

Ketika kaum Nabi Musa menolak untuk percaya dan meminta diperlihatkan Allah secara nyata, ketika mereka ditimpa gempa bumi yang dahsyat, sampai mati semuanya, dan Nabi Musa memohon kepada Allah sambil mengadahkan diri dan berkata:

رَبِّ لَوْ شِئْتَ أَهْلَكْتَهُمْ مِنْ قَبْلُ وَإِيَّايَ ۖ أَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاءُ مِنَّا ۖ إِنْ هِيَ إِلَّا فِتْنَتُكَ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَاءُ وَتَهْدِي مَنْ تَشَاءُ ۖ أَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۖ وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِينَ وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ

Rabbi lau syi’ta ahlaktahum min qablu wa iyyâya, atuhlikunâ bimâ fa’ala as-sufahâu minnâ, in hiya illâ fitnatuka tuḍillu bihâ man tasyâu wa tahdî man tasyâ, anta waliyyuna faghfir lanâ warhamnâ, wa anta khairul gafirîn, waktub lanâ fî hâdzihid-dunyâ hasanatan wa fîl-akhirat innâ hudnâ ilaika

Artinya :
Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya (QS. Al-A'raf; 155-156)

Sementara itu Imam Nawawi dolam kitab Al Adzkar menyebutkan salah satu doa ketika ada bencana alam yang diajarkan Nabi SAW. mengajari Sayidina Ali doa untuk dibaca saat terjadi bencana alam. Doa tersebut diungkapkan sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

“Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.”

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulan dan Keseimbangan Sistem Waktu

Kamis, 30 Maret 2023 | 20:31 WIB

Al-Qur'an dan Sistem Waktu Ilahi

Kamis, 30 Maret 2023 | 01:35 WIB

Larangan Memotong Surah dalam Pembacaan Al-Qur'an

Sabtu, 25 Maret 2023 | 20:17 WIB

Ramadhan Bulan Pendidikan

Jumat, 24 Maret 2023 | 17:24 WIB

Ramadhan, Bulan Al-Qur'an

Kamis, 23 Maret 2023 | 03:57 WIB

Pembagian Juz untuk Pembacaan Al-Qur'an Harian

Rabu, 22 Maret 2023 | 18:25 WIB

Kunci Kebahagiaan: Mengenal Dunia (Bagian 7)

Rabu, 15 Maret 2023 | 22:10 WIB
X