Dengki di Hati, Musuh Yang Harus Diperangi Diri Sendiri

- Senin, 14 November 2022 | 07:50 WIB
Jangan ada Dengki, dinatara Kita (O Solihin)
Jangan ada Dengki, dinatara Kita (O Solihin)

TiNewss.Com - Dengki dapat merayapi hati orang yang merasa kalah wibawa, kalah popularitas, kalah pengaruh, atau kalah pengikut.

Dan Yang didengki itu tentulah pihak yang dianggapnya lebih dalam segala hal, terutama dalam hal wibawa, popularitas, pengaruh, dan jumlah pengikut.

Hadits Rasulullah SAW:

"Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar.” (HR.Abu Daud).

Baca Juga: Dari Ukraina ke Pax Judaica: Menuju Dunia Tanpa Uang Tunai (Bagian 7)

Dengki melahirkan fitnah atau berita buruk terhadap sasarannya.

Bahkan ada sasaran yang tak mampu membela diri. Oleh karena orang dengki sibuk dengan kedengkiannya, maka ia lupa dengan kebaikan yang harus ia lakukan.

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki2 ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS.An Nisa : 32)

Dengki, ibarat senjata makan tuannya. Menusuk dari Belakang, bukan oleh musuh. Tapi oleh diri kita sendiri. Dengki, membunuhmu! Seperti Iklan Rokok.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesuai Kemampuan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:05 WIB

Pengertian Isra Miraj

Senin, 28 Februari 2022 | 14:07 WIB

Gunem Catur : Minyak Goreng Langka jeung Mahal

Senin, 31 Januari 2022 | 14:25 WIB

Ibu Kota Nusantara jeung Pemulihan Ekonomi Nasional

Minggu, 23 Januari 2022 | 20:06 WIB
X