• Sabtu, 3 Desember 2022

Siswa berprestasi! Inilah ragam Festival dan Lomba tahunan untuk SMK, SMA, dan MA dari Puspresnas.

- Minggu, 13 November 2022 | 19:03 WIB
Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional 2023
Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional 2023

TiNewss.Com - Salah satu harapan dari orang tua terhadap anak adalah mampu berprestasi, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Selain ajang memupuk mentalitas anak, motivasi berprestasi juga dapat menjadi arah bagi masa depan anak tersebut. Siswa yang terbiasa memupuk prestasi biasanya mempunyai sikap terbuka dan yakin dalam menentukan arah perjalanan hidup.

Begitu besar pengaruh kesempatan berprestasi bagi perkembangan jiwa anak. Untuk itu ruang dan sarana untuk berprestasi harus dibuka seluas mungkin, baik oleh institusi sekolah maupun institusi di luar sekolah.

Untuk mendongkrak prestasi siswa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) mempunyai lembaga yang disebut Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Baca Juga: 4 Tim Melaju ke Semifinal Sepak bola Putri Porprov XIV Jabar 2022, Tim Unggulan Kota Bandung Tumbang

Ternyata lembaga ini cukup efesien efektif dalam mencetak siswa berprestasi. Apalagi dalam pelaksanaannya dilakukan secara selektif dan berjenjang, mulai tingkat kabupaten/kota, lalu provinsi, kemudian nasional.

Anggaran pembiayaan umumnya dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Kegiatan (RAK) Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang sudah diberikan oleh negara kepada setiap satuan pendidikan.

Berikut ini beberapa kegiatan festival dan lomba yang dikutip dari laman Puspresnas untuk siswa jenjang SMK, SMA, dan MA, yaitu:

1. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

O2SN ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK, SMA dan MA yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga, sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran, serta rasa solidaritas yang tinggi antar peserta didik.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bonus Berkomunitas, yang Pasti Akan dirasakan

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:12 WIB
X