Sedekah Jumat Membawa Berkah, Sedekah Ringan Pahala Berlimpah

- Jumat, 11 November 2022 | 10:39 WIB
onek-Bonita gelar Jumat Berkah Santunan dan Doa Bersama dengan para Anak Yatim  (Dok. pribadi Siti Rafika)
onek-Bonita gelar Jumat Berkah Santunan dan Doa Bersama dengan para Anak Yatim (Dok. pribadi Siti Rafika)

TiNewss.Com - Sedekah Jum'at sekarang sudah banyak dilakukan umat Islam, karena mereka sudah memahami dan mengerti keutamaan sedekah di hari Jum'at ini.

Sedekah Jum'at atau yang lazim kita sebut Jum'at berkah merupakan sedekah yang dikeluarkan pada hari Jum'at dan umumnya berupa makanan atau minuman. Beberapa orang ada yang memberikannya berupa uang yang diberikan kepada fakir miskin dan yang membutuhkan, atau dimasukkan ke dalam kotak di Mesjid.

Mereka berlomba lomba dalam kebaikan berupa sedekah Jum'at. Hal itu memang dianjurkan untuk berlomba dalam kebaikan. Sebagai mana disebut dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 148 yang artinya:

"Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Sumedang Hari ini Jumat 11 November 2022

Bagi yang mempunyai kesempatan berupa kecukupan materi, hal tersebut sudah biasa karena memang memungkinkan untuk melakukan Sedekah Jum'at dengan makanan dan minuman yang harus dibeli dengan uang.

Bagaimana dengan fakir miskin, yatim piatu, dan orang yang tidak diberikan kesempatan dalam harta, apakah hilang kesempatan mendapatkan pahala sedekah jum'at?

Apakah Allah tidak adil kepada yang miskin, karena yang kaya akan semakin kaya dan terus makin kaya dengan sedekah yang dijanjikan Allah diberikan balasan 10 sampai 700 kali lipat. Sedangkan yang miskin terus dalam kemiskinan karena ketiadaan harta sehingga tidak bisa Sedekah Jum'at seperti yang dilakukan orang kaya.

Jangan bersedih apalagi berburuk sangka kepada Allah SWT, karena Tuhan Maha Adil, sebagai mana firman Nya dalam Al Qur'an:

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Negeri Shin itu adalah Sundaland Nusantara

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:12 WIB

'Lily', Lagu Persembahan Dajjal

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:45 WIB

Mereka Mengontrol Semua Jenis Hiburan

Selasa, 31 Januari 2023 | 06:03 WIB

Saat Istri Memarahi Suaminya, Bidadari Marah

Senin, 30 Januari 2023 | 07:46 WIB

Simbol Satanik di Dunia Musik

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:37 WIB

Keajaiban Statistik Kosa Kata dalam Al-Qur'an

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:01 WIB

Keutamaan Do'a Nabi Musa A.S dan Cara Mengamalkan

Jumat, 27 Januari 2023 | 07:30 WIB
X