Rahasia Keberkahan Istighfar Seri Ke-6 : Menjadi Ahli Surga Dengan Merutinkan Istighfar

- Selasa, 21 Februari 2023 | 10:04 WIB
Rahasia Keberkahan Istighfar (TiNewss.Com/RaufNuryama)
Rahasia Keberkahan Istighfar (TiNewss.Com/RaufNuryama)

TiNewss.com - Impian terbesar seorang muslim adalah menjadi penghuni Surganya Allah Ta'ala. Salah satu ciri-ciri penghuni Surga di antaranya adalah orang yang selalu memperbanyak istighfar. 

Amalan istighfar merupakan suatu amalan yang memiliki keberkahan dan keutamaan di dalamnya. Memperbanyak istighfar juga dapat menjadi jalan menuju Surganya Allah Ta'ala.

Seperti yang diterangkan dalam Al Quran, bahwa salah satu orang yang dijanjikan Surga oleh Allah Ta'ala adalah orang yang rutin melantunkan istighfar di waktu sahur atau sebelum fajar.

Merupakan kebiasaan calon penghuni Surga menurut Allah Ta'ala ialah rutin memperbanyak istighfar di waktu sahur mereka.

Baca Juga: Rahasia Keberkahan Istighfar Seri Ke-2 : Sangat Banyak Keajaiban dan Keberkahan Dari Beristighfar, Yuk Simak !

"(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar." (QS. Ali 'Imron: 17)

Terdapat juga ayat lain yang menjelaskan keutamaan istighfar sebagai sarana menuju Surganya Allah Ta'ala. Dengan bersegera memohon ampunan kepada Allah Ta'ala, maka dia dijanjikan untuk mendapatkan Surga yang sangat luas.

"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali 'Imron: 133)

Selain pemaparan di atas, terdapat keutamaan khusus bagi orang yang rutin membaca sayyidul istighfar. Sayyidul istighfar merupakan penghulunya istighfar dengan lafadz tertentu.  

Orang yang rutin melafalkan sayyidul istighfar di sore atau pagi hari, ia berhak menjadi penghuni Surga berdasarkan suatu hadits berikut.

Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah 'alahisholatu wa salam bersabda: "Barangsiapa membaca sayyidul istighfar (penghulu istighfar) setiap sore, dan apabila malam harinya ia meninggal, maka berhak masuk Surga. Dan barangsiapa membacanya setiap pagi hari, dan apabila siang harinya ia meninggal, maka berhak masuk Surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Rahasia Keberkahan Istighfar Seri Ke-5 : Teladan, Rasulullah Rutin Beristighfar Hingga 100 Kali Sehari

Dalil-dalil tersebut memberikan keterangan yang jelas bahwa Allah Ta'ala menjanjikan Surga bagi siapa saja yang membaca dan merutinkan istighfar.

Satu-satunya janji yang dapat dipercaya hanyalah janji dari Allah Ta'ala. Sudah selayaknya kita merutinkan istighfar dengan penuh keyakinan Allah Ta'ala akan ampuni dosa kita dan menjadikan kita sebagai ahli Surga.

Halaman:

Editor: Luthfie Hadie Nugraha

Sumber: Buku Rahasia Keajaiban Istighfar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyingkap Misteri Pelepasan Ya'juj-Ma'juj

Selasa, 18 April 2023 | 04:14 WIB

Adab Pembelajar Al-Qur'an

Sabtu, 15 April 2023 | 20:26 WIB

Metodologi Mempelajari Al-Qur'an bagi Pemula

Sabtu, 15 April 2023 | 10:21 WIB

Tantangan Al-Qur'an Yang Tidak Akan Pernah Terjawab

Selasa, 11 April 2023 | 20:40 WIB

Meraih Taubat Nashuha di Bulan Ramadan

Selasa, 11 April 2023 | 15:22 WIB

Mu'jizat dan Keajaiban Al-Qur'an

Selasa, 11 April 2023 | 04:40 WIB

Dajjal, Alat Uji Keilmuan Islam

Sabtu, 8 April 2023 | 08:56 WIB

Baitul Izzah, Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar

Kamis, 6 April 2023 | 20:46 WIB

Ramadhan Mengajari Kita untuk Hidup Bersama Bulan

Selasa, 4 April 2023 | 17:56 WIB
X