Pupuk BIOS 44-DC, Berhasil Mengubah Lahan Unproduktif

TiNewss.com – Panen Raya Jagung Hibrida dan Penanaman Pohon Produktif di Lahan Uji Coba Pupuk Bios 44-DC, Kodim 0610 Kabupaten Sumedang, sebagai bentuk Pembinaan Ketahanan Pangan yang bertempat di blok pasir Peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka. Rabu, (23/12/2020) berhasil dengan baik.

Sebagai progam Pembinaan Ketahanan Pangan Kodim 0610 melakukan kegiatan Panen Raya Jagung Hibrida sekaligus Penanaman Pohon Produktif di Lahan Uji Coba Pupuk Bios 44-DC, bertempat di blok pasir peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka.

Mengingat Tanah blok Pasir Peusing Desa Naluk memiliki tingkat kesuburan yang sangat bagus dan sebelumnya sebagai pengelolaan galian pasir hingga saat ini tidak dipergunakan lagi, sehingga sangat mudah dilakukan pengolahan kebun dan menanam jenis – jenis tumbuhan yang dapat meningkatkan perekonomian warga, terutama di masa pandemi ini.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.,M.Si mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepeduliannya kepada warga dan Para Prajurit dengan mengelola lahan bekas galian ini bisa dipergunakan untuk menanam jagung hibrida.

“Alhamdulliah untuk panen saat ini sangat memuaskan, semoga di panen berikutnya akan lebih baik lagi. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada stakeholder yang telah membantu dari awal hingga kebun siap panen, dan hasilnya sangat membantu perekonomian warga,” ucap Dandim dalam sambutannya.

Dandim 0610/Sumedang juga menambahkan dan mengatakan dalam kegiatan panen jagung hibrida dan penanaman pohon produktif yang kita laksanakan ini.

“Sebagai hasil kita bersama dalam mengupayakan lahan yang sudah tidak produktif menjadi lahan yang kembali produktif, berguna bagi masyarakat setempat dan lahan percobaan ini berhasil,” ujarnya.

Disamping itu juga Dandim berharap bisa memperluas lahan untuk bisa di kelola sebagai lahan progam pembinaan ketahanan pangan.

“Saya berharap khusus nya untuk daerah Sumedang nantinya tidak ada lagi lahan – lahan unproduktif atau lahan lahan tidur yang terbengkalai,” harap Dandim.

Diketahui bahwa lahan unproduktif di wilayah Sumedang cukup banyak dan cukup luas, dan keberhasilan ini dapat ditiru dan dikembangkan daerah – daerah lain dan diikuti oleh pengusaha pengusaha terutama pengusaha galian pasir, dengan Pupuk Bios 44-DC setelah lahan tersebut digali diambil pasirnya kiranya dapat dikembalikan kondisinya seperti seperti sedia kala agar dapat mamfaat bagi masyarakat khususnya Sumedang.

Dengan pemupukan Pupuk Bios 44-DC ini yang sudah terbukti dapat merubah lahan unproduktif menjadi produktif hendaknya menjadi pemicu dan pemacu bagi pengusaha agar termotivasi untuk mengikuti apa yang telah TNI dan Pemda Sumedang lakukan.

Dandim mengatakan kembali bahwasanya Pemda Sumedang telah ikut bersama membangun lahan sebagai percontohan.

“Allhamdulillah selain lahan percontohan yang di olah oleh TNI khususnya Kodim 0610/Sumedang, Pemerintah Daerah Sumedang pun ikut serta dalam usaha relokasi lahan unproduktif sebagai PILOT PROJECT bagi kita semua khususnya para pengusaha galian pasir,” tutup Dandim.

Hal senada juga disampaikan Pemerintahan daerah Sumedang yang diwakili oleh Sekdis Pertanian Kabupaten Sumedang sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Ada beberapa upaya untuk meningkatkan hasil panen produksi pertanian dengan merubah kebiasaan dan menambah teknologi didalam pertanian, salah satunya Program Pupuk Bios 44-DC ini, program yang mendukung dan membantu program pemerintah daerah dalam meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional,” pungkasnya.

Diketahui Hadir dalam acara tersebut Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.M.Si, Kapolres Sumedang diwakili Wakapolres Kompol Rita Suwandi, Bupati Sumedang yang diwakili sekdis Pertanian Sumedang, Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Bapak Irwansyah Putra, Kepala Kejari yang diwakili kasi intel, Kepala Pengadilan Negeri Sumedang Ibu Flowerry Yulidas, S.H.,M.H. Forkopimcam Cimalaka, perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 0610/Sumedang, Ketua Persit KCK cabang XXI Dim 0610, dan perwakilan anggota dari tiap tiap koramil. (Andi Antoni)***

Related Articles

Stay Connected

1,496FansLike
600FollowersFollow
4FollowersFollow
17,300FollowersFollow
80FollowersFollow
1,594SubscribersSubscribe

-advertiseMENT-

Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img

Latest Articles