TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Presiden Jokowi Ulang Tahun ke-60, Simak Perjalanannya Sampai Jadi RI 1

TiNewss.com – Tepat pada hari ini orang nomor 1 di Indonesia yakni Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo berulang tahun yang ke-60, Senin (21/6/2021).

Diketahui Jokowi yang berulang tahun hari ini sudah menginjak usia ke-60 tahun. Perjalanan panjang Jokowi sampai menjadi Presiden bukanlah hal mudah.

Khusus bagi pembaca setia TiNewss.com berikut profil dan biografi singkat Jokowi sampai menjadi Presiden yang dikutip dari laman resmi Presiden RI dan Perpusnas.

PROFIL JOKO WIDODO

Jokowi asli kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi.

Beliau besar dengan pengalaman hidup yang luar biasa sebab kerap harus berpindah rumah bahkan menumpang di kediaman saudaranya.

Saat di bangku kuliah, Jokowi salah satu mahasiswa yang giat belajar di Fakultas Kehutanan UGM.

Sehingga dari situlah pintu sebagai pengusaha mebel terbuka. Jokowi muda sempat bekerja di sebuah perusahaan BUMN di Provinsi Aceh yang berada di tengah hutan.

Tak berlangsung lama, tepatnya pada tahun 1988 Jokowi bersama istrinya, Iriana kembali ke Solo. Dia kemudian membantu pekerjaan di pabrik pamannya dan kemudian memutuskan memulai usaha mebel sendiri.

Bisnis mebel Jokowi kemudian semakin hari semakin sukses, sehingga bisa masuk pasar nasional dan kemudian ke mancanegara.

Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, pada tahun 1986. Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah.

Kesuksesan Jokowi dalam dunia binis mengantarkannya terlibat dalam organisasi pengusaha mebel nasional cabang Solo yang bernama Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia atau Asmindo.

KARIR POLITIK JOKO WIDODO

Awal karir politik Jokowi bermula, ada yang mencalonkan Jokowi dalam Pilkada Solo tahun 2005.

Meski sempat menolak, akhirnya Jokowi maju bersama F.X Hadi Rudyatmo dan terpilih menjadi Walikota Solo periode 2005-2010.

Berkat beliau berhasil meraih prestasi yang ditorehkan, membuatnya kembali terpilih dalam pilkada tahun 2010–2017.

Disaat itu, Jokowi meraih penghargaan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi Yayasan Wali Kota Sedunia (The City Mayors Foundation) pada 2013.

Beliau juga berhasil membentuk citra kota Solo sebagai kota seni budaya dan gencar mengampanyekan antikorupsi dan mendapatkan simpati masyarakat usai memutuskan menolak mengambil gaji selama menjabat wali kota Solo.

Atas penghargaan yang diterima selama menjadi Wali Kota Solo, Jokowi kembali jadi sorotan masyarakat nasional. Apalagi usai mengganti mobil dinasnya dengan mobil Esemka, karya para pelajar di Surakarta. Dari situlah, nama Jokowi kian dikenal melesat di Nusantara.

Dalam bursa pilkada Gubernur DKI Jakarta 2012, Joko Widodo diusung mendampingi Basuki Tjahaja Purnama oleh PDI-P dan Partai Gerindra. Jokowi pun berhasil menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012.

Dua tahun beliau bersama pasangannya menjabat sebagai Gubernur, Jokowi kembali diusung dalam bursa Capres 2014. Ia dipasangkan dengan senior Golkar, Jusuf Kalla dan menang melawan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dan akhirnya di Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden. Ia didampingi Ma’aruf Amin dan mendapat dukungan sembilan parpol yakni PDIP, Golkar, NasDem, PPP, PKB dan Hanura.(Adhi SH)***