TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Pertama Kalinya Bayi Meninggal Karena Covid-19 Di Balikpapan

TiNewss.com – Berita buruk bagi masyarakat Indonesia kini ada bayi di Balikpapan pertama kalinya bayi meninggal dunia karena terkonfirmasi Covid-19, Senin (22/3/2021).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan, Kaltim dr. Andi Sri Juliarty yang mengatakan hari ini ada satu kasus kematian disebabkan Covid-19 yang terjadi pada bayi masih berusia 3 bulan di RS Kanujoso Djatiwibowo.

“Ini kasus pertama dan semoga yang terakhir,” kata dr. Andi Sri Juliarty, di kutip Antara.

Bayi tersebut kelahiran Desember 2020 akhirnya tidak mampu lagi bertahan dari penyakit yang menyerangnya.

“Setelah dirawat beberapa hari, bayi tersebut meninggal dunia Senin 22/3 pukul 08.45 Waktu Indonesia Tengah,” sambungnya.

Padahal kasus penambahan positif Covid-19 di Balikpapan kini tercatat hanya 17 kasus pada Senin (22/3). Jumlahnya menurun dari rata-rata harian penambahan kasus positif yang berkisar pada angka 50-60 kasus per hari kini dibawah 20 kasus.

“Kita senang jumlah tambahan kasus positif turun jauh, tapi kita juga prihatin sebab kematian bayi tersebut,” jelas Kadinkes Juliarty.

Kini Balikpapan adanya kasus penambahan positif Covid-19 baru 17 kasus (22/3) jadi total yang masih reaktif terkonfirmasi ada 772 kasus aktif Covid-19, 236 menjalani perawatan di rumah sakit dan 536 melakukan isolasi mandiri.

Menurunnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 diyakini sebab disiplin pelaksanaan protokol kesehatan yang semakin baik sebab PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Skala Mikro yang diterapkan saat ini.

“Saya lihat PPKM Mikro berjalan baik di tingkat RT. Satgas COVID-19 di RT benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik,” jelas Wali Kota Rizal Effendi pada kesempatan terpisah. (Adhi SH)***