TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Pendiri Mapala UI Sahabat Soe Hok Gie, Herman Lantang Tutup Usia

TiNewss.com Pendiri Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) Herman O Lantang sahabat pendaki legend Soe Hok Gie tutup usia, Senin (23/3/2021).

Herman meninggal dunia pada dini hari tepatnya pukul 03.00 di RSUD Tanggerang selatan yang sudah menginjak usia 80 tahun.

Dia lahir di Tomohon Sulawesi Utara pada 2 Juli 1940 dan ia pertama mendaki gunung pada saat umur 12 tahun.

Beliau juga merupakan mantan mahasiswa jurusan Antropologi di FSUI selain pendiri Mapala UI beliau juga merangkap sebagai mantan ketua senat mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada era 60-an.

Almarhum merupakan sahabat terbaik Soe Hok Gie yang pernah berjuang mendirikan Mapala UI pada masanya dan ia juga pernah menjabat sebagai ketua Mapala UI pada medio 1972-1974.

Mapala UI merupakan mapala yang tertua dan mapala yang pertama didirikan di Indonesia yang paling sejarah dari mapala-mapala yang berada di Indonesia.

Almarhum Herman Lantang bersama Soe Hok Gie adalah mahasiswa yang aktif dikampus mereka juga pernah menjadi inisiator dari gerakan longmarch untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno pada masanya.(Adhi SH)***