Pemkab Sumedang Jalin Kerjasama Dengan UNPAD Majukan Peternakan

TiNewss.com – Dalam rangka meningkatkan produktivitas peternakan, Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menjalin Kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (UNPAD), di Jatinangor, Sumedang pada Senin (8/2/2021).

Demikian salah satu isi Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkab Sumedang dengan UNPAD, sebagaimana disampaikan Dekan Fakultas Peternakan UNPAD, Dr. Ir. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., IPM kepada TiNewss.com.

“Setidaknya ada tujuh keuntungan dari kerjasama ini. Sebagaimana kita ketahui UNPAD ada di Kabupaten Sumedang, maka Sumedang selayaknya mendapatkan manfaat atas keberadaan UNPAD. Juga sebaliknya, UNPAD sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki Fungsi dalam Tri Darma Perguruan Tinggi diantaranya Pengabdian Pada Masyarakat, tugasnya bisa di abdikan di Sumedang,” ungkapnya.

Kerjasama ini saling menguntungkan. UNPAD memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) sedangkan Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki lahan dan sumber daya alam lainnya. Kolaborasi, sehingga menghasilkan yang berguna.

UNPAD juga akan memberikan pelatihan atau training, termasuk membuka pengembangan Sumber Daya Manusia dengan program kuliah pasca sarjana, bagi ASN dan masyarakat Sumedang.

“Kami juga ingin membantu pengembangan kawasan Jatigede, KKN Tematik, termasuk melakukan riset dan kembali mengelola Mandiri energy yang sempat terhenti bekerjasama dengan BUMN,” tambahnya.

Adapun dalam rangka peningkatan produktivitas peternakan, Rahmat Hidayat menyampaikan program unggulannya adalah pengembangan klaster Domba. Menurutnya, pasar akan domba sangat mumpuni.

“Kebutuhan akan domba ini tidak tergantikan. Setiap muslim yang lahir ke dunia ini, wajib aqiqah, laki-laki 2 ekor dan perempuan 1 ekor. Ini kebutuhan yang tidak tergantikan, dan tentu pasarnya sangat bagus. Sehingga ini menjadi alasan pertama pengembangan peternakan di Sumedang,” pungkas Rahmat.

Hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Sumedang, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Sumedang, dr. H. Hilman Taufik. Disaksikan oleh Sekda Kabupaten Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir H. Amim, serta beberapa pejabat dari sekda Kabupaten Sumedang dan Dekan Fakultas Pertanian UNPAD.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Sumedang memberikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama ini. Bahkan dengan semangat empat lima, Sekda meminta agar segera dieksekusi.

“Sumedang itu punya ratusan ribu petani, Kerjasama ini akan lebih terjamin jika segera dilakukan eksekusi. Agar petani di Sumedang, bisa segera mendapatkan manfaatnya,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda berharap tingginya angka kemiskinan di Sumedang dapat segera berubah. Karenanya harus bekerja keras sekeras-kerasnya, bekerja cerdas secerdas-cerdasnya dan bekerja ikhlas se ikhlas-ikhlasnya. (Rauf Nuryama)***

Related Articles

Stay Connected

1,496FansLike
600FollowersFollow
4FollowersFollow
17,300FollowersFollow
80FollowersFollow
1,594SubscribersSubscribe

-advertiseMENT-

Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img

Latest Articles