TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Pemdes Cibeureum Kulon Ikut Apresiasi Pemkab Sumedang, Kembangkan Super Aplikasi E-Office Desa

TiNewss.com – Dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Sumedang saat ini memiliki layanan birokrasi pemerintahan yang sudah berbasis digital dan terintegrasi dalam satu aplikasi seperti tata naskah dinas elektronik, absensi elektronik, laporan kinerja harian (LKH), termasuk e-SAKIP.

Di era reformasi birokrasi seperti saat ini super aplikasi seperti E- Office Desa tentu sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa guna mendukung penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang efektif, efisien, tertib dan transparan sebagai salah satu wujud implementasi good govermance.

Pemerintah Desa Cibeureum Kulon menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sumedang atas dirilisnya E- Office Desa.

Karena menurut pihaknya, dengan difasilitasinya Aplikasi E- Office Desa sangatlah membantu Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Demikian Kepala Desa Cibeureum Kulon Gun Gun Turganda, S.H. menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Cibeureum Kulon yang dipimpinnya saat ini berkomitmen untuk menerapkan lebih awal Aplikasi E- Office Desa yang dipimpinnya secara optimal.

“Alhamdulillah sesuai instruksi Pemkab, saat ini secara bertahap Kami sudah menerapkan Super Aplikasi E- Office Desa. Dimana tata naskah dinas Kami seperti surat menyurat hingga pelayanan kepada masyarakat kini sudah berbasis digital dengan memanfaatkan layanan WhatsApp Boot yang menjadi salah satu menu yang ada dalam aplikasi E- Office tersebut,” jelasnya.

Selain itu, beliau menjelaskan bahwa melalui Super Aplikasi E- Office tersebut dirinya bisa memiliki sertifikat elektronik dari BSrE sehingga saat ini dirinya dapat menandatangani surat dimanapun cukup hanya dengan memasukan Passpharse saja.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan bahwa dengan adanya Aplikasi E- Office Desa dirinya mengaku sudah sangat terbantu dalam menerapkan kedisiplinan Perangkat Desa.

Karena dengan adanya Super Aplikasi E- Office tersebut, dirinya dapat memantau absensi dan laporan kinerja harian (LKH) setiap Perangkat secara digital.

Super Aplikasi E- Office Desa juga terhubung dengan Web Desa tentu ini menambah kebanggaan bagi Pemerintah Desa, karena dengan adanya Web Desa, kini Desa dapat mempublikasikan segala bentuk informasi, potensi termasuk transparansi APBDes kepada masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, menurut Gun gun, E- Office Desa ini juga dilengkapi dengan Direktori Data Desa yaitu salah satu menu menuju Desa Cantik Simpatik (Desa Cinta Statistik).

Desa Cantik Simpatik ini merupakan jembatan untuk mensejahterakan masyarakat dan dengan adanya aplikasi E- Office akan memungkinkan terbentuknya sistem informasi yang mampu menjelaskan secara rinci kondisi di setiap Desa yang akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan suatu Desa hingga tingkat kesejahteraan warga masyarakatnya.

Sehingga dengan demikian, Desa akan terbantu dalam hal pemenuhan Profil Desa/ Data Monografi Desa yang kedepannya akan dapat ditampilkan/ disajikan secara digital.” jelasnya.

“Adapun dalam hal pemenuhan data tersebut, saat ini kami sedang melakukan pendataan keluarga kepada +- 1.400 Kepala Keluarga yang ada diwilayah Desa Cibeureum Kulon,” ujarnya.

“Kegiatan pendataan keluarga tersebut tengah berlangsung sejak awal April lalu dengan melibatkan 25 orang yang tergabung dalam Satgas Pendata. Ke- 25 orang tersebut terdiri dari 17 orang petugas pendata Offline dan 8 orang petugas pendata Online.” tuturnya.

Lebih lanjut lagi dirinya menjelaskan bahwa Satgas Pendata tersebut sudah ditetapkan dalam SK Kepala Desa dan semuanya telah mengikuti pelatihan oleh BPS Kabupaten Sumedang hingga beberapa kali pertemuan.

Petugas Pendata Offline masing-masing telah dibekali Kuisioner sejumlah Kepala Keluarga yang ada di lingkungan RT-nya masing-masing. Sedangkan Petugas Pendata Online masing- masing telah dibekali Smartphone Android.

“Adapun terkait pendataan tersebut, saat ini masih belum tuntas mencapai 100%. karena pendataan keluarga tersebut haruslah betul- betul akurat dan valid sehingga data harus betul-betul bersumber dari setiap informan keluarga yang bersangkutan dan tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan karena akan berdampak pada hasil akhir,” ungkap Gun-gun.

Untuk menjaga keakuratan data, kedepan pihaknya berjanji akan memperbarui data setiap 6 bulan sekali. Dengan demikian, akurasi data akan selalu valid sehingga data akan bermanfaat dan membantu dirinya dalam setiap mengambil arah kebijakan pembangunan di Desa nya.

Namun demikian, Gun gun selaku kepala Desa Cibeureum Kulon berharap, agar Super Aplikasi E- Office Desa terus dikembangkan oleh Pemkab.

Sehingga ke depan dirinya menginginkan pembuatan dan pembaharuan data Kartu Keluarga dan KTP pun bisa dilayani di Desa cukup dengan menggunakan Super Aplikasi E-Office Desa.

Dirinya berkomitmen akan memanfaatkan Super Aplikasi E- Office Desa ini dengan sebaik-baiknya. Dirinya akan memastikan semua lapisan elemen masyarakat merasakan manfaatnya.

Dengan komitmennya tersebut, kini Desa Cibeureum Kulon ditetapkan sebagai Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) tambahan pilot projek BPS RI setelah Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan. (Adhi SH)***