Pemda Sumedang Tanam Bibit Pohon Pasca Longsor Cimanggung

TiNewss.comPemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bersama unsur TNI-Polri dan ORMAS melakukan gerakan penghijauan dengan menanam bibit pohon pasca bencana longsor di Dusun Babakan Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung , Minggu (31/1/2021).

Penanaman pohon dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan bersama unsur Forkopimda dan para kepala SKPD Kabupaten Sumedang.

Dony mengatakan, kegiatan ini merupakan program penghijauan sebagai sebuah ikhtiar pelestarian alam di lingkungan pasca bencana longsor Cimanggung.

“Dengan penanaman pohon ini setelah besar nanti bisa menahan tanah sehingga tidak terjadi lagi bencana longsor di lokasi tersebut,” jelas Bupati.

Dikatakan Bupati, penanam bibit ini sekitar 8000 bibit tanaman dari berbagai jenis pohon berbatang keras yang telah disediakan.

“2000 diantaranya akan ditanam di atas lahan seluas 2,5 hektar yang berada di zona merah tempat terjadinya bencana tanah longsor,” sambung Bupati.

Nanti dibangun juga penahan tanah, drainase, terasering, lereng diperbaiki dan ditanami pohon.

“Insya Allah tanaman keras akan mencegah banjir dan longsor, karena akar tanaman ini akan menyimpan air dan mengikat tanah,” ucapnya.

Menurut Bupati, dengan adanya penanaman bibit pohon ini diharapkan tidak hanya sekedar formalitas atau mengugurkan kewajiban semata, tetapi dapat diikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat untuk kelestarian lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Apa yang kita tanam akan terus hidup dan bermanfaat, tentu pahalanya akan terus mengalir kepada yang menanamnya,” ujarnya.

Terakhir, ia juga meminta kepada para Camat, lurah dan Kepala Desa, setelah pencanangan ini, penanaman pohon dapat dilaksanakan di tingkat Kecamatan hingga kelurahan dan desa di bantu unsur TNI-Polri.

Selain itu, SKPD juga harus punya zona penghijauan binaannya masing-masing.  

Dony meminta para aparat Kecamatan dan Desa penanaman serta dibantu oleh pihak TNI Polri.

“Kepada SKPD saya intruksikan punya zona binaan penghijauan masing-masing, tidak hanya menanam tapi juga merawatnya sampai tumbuh besar dan berkembang,” pungkasnya. (Adhi SH)***

Related Articles

Stay Connected

1,496FansLike
600FollowersFollow
4FollowersFollow
17,300FollowersFollow
80FollowersFollow
1,594SubscribersSubscribe

-advertiseMENT-

Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img

Latest Articles