TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Pemda Sumedang Minta SKPD Dan Camat Siap Tanggap Bencana

TiNewss.comPemerintah Kabupaten Sumedang melakukan rapat koordinasi tentang kebencanaan bersama pimpinan SKPD dan para Camat se-Kabupaten Sumedang agar bisa tanggap bencana yang akan datang agar tidak terulang lagi pejabat menjadi korban longsoran yang terjadi seperti di Kecamatan Cimanggung.

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan dalam pemaparan materi mengatakan di Kabupaten Sumedang yang letak kontur geografisnya pegunungan yang retan bencana menghimbau agar pejabat di kecamatan dan desa agar lebih waspada lagi.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Erwan Setiawan Rabu di Pendopo IPP (13/1/2021).

“Terdapat banyak sekali tebing dan bukit yang berpotensi terjadi bencana salah satunya yang terjadi bencana pada kemarin di Cimanggung. Maka dengan begitu kami dengan pemerintah daerah menghimbau kepada para camat agar lebih waspada lagi, ” ucap Erwan.

Dan apabila terjadi indikasi akan terjadi bencana seperti longsoran segerakan laporkan kepada pihak BPBD Kabupaten Sumedang agar bisa cepat dilakukan penanganan sejak dini.

“Kepada para kepala SKPD juga harus waspada dan siaga bencana serta selalu pro aktif dan siap sedia memberikan bantuan dan fasilitas apabila diperlukan,” sambung Erwan.

Selain Wakil Bupati, Herman Suryatman sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang juga mengatakan hasil rapat ini intinya agar bisa melakukan tanggap bencana bagi para Camat se-Kabupaten Sumedang.

“Dengan pengalaman di Cimanggung kami mengharapkan di kecamatan yang lain tidak ada kejadian seperti di Cimanggung. Paling tidak bisa terdeteksi akan terjadi bencana dan sesegera mungkin lapor untuk pencegahaannya,” kata Herman.

Ini adalah salah satu ikhtiar Pemerintah Kabupaten Sumedang agar bisa meringankan beban tentang kebencanaan yang terjadi di Kabupaten Sumedang.

“Kami minta juga kepada para camat tidak ada yang meninggalkan tempat sampai situasi normal apabila terjadi bencana dan para kepala SKPD juga tanggap darurat apabila terjadi kejadian masyarakat bisa terlayani terespon dengan cepat sesuai dengan bidangnya masing-masing,” pungkas Herman. (Adhi SH)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares