• Jumat, 9 Desember 2022

Tuntaskan Masalah Pengangguran dengan Mekanisme Islam

- Senin, 14 Maret 2022 | 07:48 WIB
Tuntaskan Masalah Pengangguran dengan Mekanisme Islam (CNBC)
Tuntaskan Masalah Pengangguran dengan Mekanisme Islam (CNBC)

TiNewss.com - Menuntaskan pengangguran masih menjadi PR besar bagi negara pasalnya dibeberapa daerah yang ada di Indonesia tingkat pengganggurannya masih belum bisa dituntaskan bahkan cenderung meningkat.

Di Jawa Barat saja Berdasarkan data badan pusat statistik 2,43 juta orang atau 9,82 persen pengangguran kendati ada penurunan sebesar 0,64 persen dari tahun lalu. Namun tingkat pengangguran terbuka di Jawa Barat masih tinggi dibandingkan dengan Provinsi lain di Indonesia. (Kompas.com 11/02/22)

Masih tingginya tingkat pengangguran terbuka di Jawa Barat menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Forum Nakertrans bidang ketenagaakerjaan dan ketransmigrasian dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi Jawa Barat melakukan penyusunan bahan perumusan rencana kerja tahun anggaran 2023 mendatang.

Baca Juga: Jumlah Penduduk, Potensi dan Keberpengaruhannya Terhadap Negeri

Tingginya angka pengangguran di Jabar berkorelasi dengan angka kemiskinan Jabar sebagian dampak sulitnya rakyat mencari pekerjaan. Ketersediaan lapangan pekerjaan tidak mencukupi jika dibandingkan dengan jumlah yang mencari kerja, jika pun ada lapangan pekerjaan harus bersaing dengan para tenaga dari luar yang punya keahlian tertentu sedangkan rakyat yang terbatas keahliannya, apalagi yang tidak memiliki keahlian apapun sudah dapat dipastikan kalah bersaing dengan tenaga kerja luar.

Hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa sistem saat ini yaitu Kapitalisme, sebuah sistem yang melahirkan aturan hidup berdasarkan akal manusia yang serba terbatas termasuk dalam menuntaskan pengangguran. Sehingga sistem kapitalisme terbukti tidak mampu dalam memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya yang ada justru rakyat kalah saing dengan pekerja dari luar.

Lantas, bagaimana menuntaskan masalah pengangguran? Jika kita mau mengembalikan aturan hidup dengan Islam, maka Islam akan memberikan solusi yang lahir dari Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Karena Islam merupakan agama yang tidak hanya mengatur perkara ibadah saja namun perkara kehidupan pun Islam punya aturannya seperti aturan tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya termasuk menyelesaikan masalah pengangguran.

Baca Juga: Dirjen Dukcapil Kemdagri Rilis Jumlah Penduduk Indonesia 2021, Jawa Barat Provinsi Terbanyak Penduduknya

Dalam Islam ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mengatasi pengangguran, karena pemimpin merupakan penanggungjawab atas kepengurusan rakyatnya. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa :

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Demokrasi Menyuburkan Penista Agama

Senin, 5 Desember 2022 | 10:41 WIB

Puncak Hari Guru Nasional 2022, Guru di Era Kekinian

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:45 WIB

SELINGKUH, Kunci Membahagiakan Diri

Selasa, 1 November 2022 | 07:39 WIB

Niru Siapa?

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:58 WIB

Menolak Kaya!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:52 WIB

Mendidik, Tak Bisa Mendadak!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:45 WIB

Mutu atau Mati, Lesti Memilih 'Mati'!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:41 WIB

Momen Sejarah Penting Yang Menandai Fase Akhir Zaman

Senin, 10 Oktober 2022 | 05:49 WIB

Pentingnya Menjadi Guru Pelopor Literasi

Senin, 25 Juli 2022 | 18:25 WIB

Bahaya Pergaulan Bebas dan Solusinya

Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:44 WIB
X