• Senin, 5 Desember 2022

Al Quran dan Perang Besar (Bagian ke 1)

- Jumat, 18 Februari 2022 | 22:19 WIB
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd:  Kosmologi Islam  : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd: Kosmologi Islam : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)

 

"Kami akan memberi perhatian sepenuhnya kepadamu wahai (golongan) manusia dan jin!" (QS. Ar-Rahman: 31).

Bagaimanakah penjelasan Al-Qur'an tentang Negeri-negeri yang layak dihancurkan dalam Perang Besar? 

Syekh Imran memiliki penafsiran baru atas Ayat 31 Surat Ar-Rahman di atas, dibandingkan dengan semua penafsiran lain yang pernah ada. Perbedaan itu tampak pada dua hal:

Pertama, para mufassir sebelumnya tidak menjelaskan secara detil siapa yang dimaksud kelompok manusia dan jin dalam Ayat itu. Syekh Imran, berdasarkan metodologi Eskatologi, benar-benar telah memberikan pemahaman baru berdasarkan penelusuran atas berbagai peristiwa penting sepanjang sejarah, sehingga makna Ayat tersebut menemukan konteks historisnya. 

Kedua, berbeda dengan semua penafsiran sebelumnya yang memahami bahwa balasan itu akan terjadi kelak di Akhirat, Syekh Imran mengajukan penafsiran bahwa balasan Allah itu akan terjadi di akhir zaman sebelum Kiamat. 

Tentang ragam Tafsir atas Ayat 31 Surat Ar-Rahman, lihat:

https://tafsirweb.com/10379-surat-ar-rahman-ayat-31.html

Karena itu, dalam penafsiran Syekh Imran, Ayat 31 Surat Ar-Rahman itu harus difahami bahwa, "Sebelum Kiamat, Allah akan berurusan dengan mereka yang terus-menerus menentangNYa."

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Keteladanan Nabi Syuaib AS,

Senin, 5 Desember 2022 | 09:15 WIB

Masuk Islam Karena Jasad Fir'aun, Kisah Inspiratif

Minggu, 27 November 2022 | 05:00 WIB

Inilah Tata Cara Melakukan Salat Gaib

Sabtu, 26 November 2022 | 14:26 WIB
X