• Minggu, 27 November 2022

Ada Tiga Kelompok Manusia dalam Menyikapi Akhir Zaman (bagian ke-1)

- Jumat, 11 Februari 2022 | 12:33 WIB
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd:  Kosmologi Islam  : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd: Kosmologi Islam : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)

Eskatologi Islam

Iman kepada hari akhir merupakan salah satu pilar terpenting dari rukun iman yang enam. 

Rasulullah SAW dalam banyak sabdanya sering mengkaitkan keimanan kepada Allah dengan keimanan akan adanya kiamat atau hari akhir.

Setidaknya terdapat tiga hadits yang menghubungkan Iman kepada Allah dengan Iman kepada Hari Akhir, yaitu dalam ungkapan: Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia: memuliakan tamunya, memuliakan tetangganya dan berkata benar atau diam. 

Demikian pentingnya keimanan kepada hari akhir ini, sehingga ketika menyebutkannya Nabi SAW menggandengkannya dengan Iman kepada Allah. 

Terdapat tiga golongan manusia dalam menyikapi hari kiamat dan tanda-tanda kedatangannya. Demikian pula dalam menyikapi Nubuwah Rasulullah SAW tentang peristiwa-peristiwa akhir zaman

1. Kelompok yang menolak keyakinan akan datangnya hari akhir. Kelompok ini diwakili oleh kebanyakan bangsa Barat atau Timur, semisal Jepang, yang secara umum berideologi paganisme atau sekularisme. Kelompok ini didominasi oleh mereka yang tidak menganut agama samawi. 

Kecanggihan teknologi saat ini menjadikan mereka memiliki kesimpulan        tersendiri tentang nasib dunia di masa mendatang.

Termasuk kelompok ini adalah mereka yang berfaham Darwinisme dan mereka yang sepaham dengannya. 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Islam Karena Jasad Fir'aun, Kisah Inspiratif

Minggu, 27 November 2022 | 05:00 WIB

Inilah Tata Cara Melakukan Salat Gaib

Sabtu, 26 November 2022 | 14:26 WIB
X