• Minggu, 27 November 2022

Problem Utama Umat Islam Saat Ini, Ini Solusinya!

- Rabu, 9 Februari 2022 | 07:07 WIB
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd:  Kosmologi Islam  : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd: Kosmologi Islam : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)

Salah satu masalah utama umat Islam saat ini adalah, mereka memiliki hanya sedikit pengetahuan tentang agama mereka sendiri.

Bagaimana kita dapat mengatasi masalah ini? 

Pertama-tama harus ditegaskan tanpa keraguan sedikit pun, bahwa hari ini kita hidup di dunia yang tidak seperti dunia yang pernah ada. Dunia saat ini adalah dunia yang berbeda dan unik. 

Keunikan realitas dunia saat ini membuatnya tidak mungkin kita dapat mengenali realitas dunia saat ini, tanpa Al-Qur'an. 

Jika Al-Qur'an telah menjelaskan segala sesuatu (QS. Al-A'raf: 75; Yunus: 37; Hud: 11; Yusuf: 111; An-Nahl: 89; Al-Isra: 89; Al-Kahfi: 54; Asy-Syu'ara: 2; An-Naml: 1; dan Al-Qashash: 2), maka Al-Qur'an harus juga bisa menjelaskan realitas dunia saat ini.

Konsekwensinya, jika Anda tidak bisa mengenali realitas dunia saat ini, maka berarti Anda mengkhianati Al-Qur'an. 

Inilah masalah terbesar kita, karena hal ini terjadi pada seluruh dunia keilmuan Islam, sesuatu yang kita tidak senang dan sangat menyakitkan bahwa kita harus mengatakan fakta ini.

Saat ini sangat sulit untuk menemukan orang yang bisa menjelaskan berdasarkan Al-Qur'an (dan Hadits) tentang realitas politik, realitas ekonomi yang menjadikan dunia pada kondisi kemiskinan permanen, penjelasan tentang realitas moneter, dimana hal-hal aneh terjadi dalam dunia uang kertas, dan besok akan menjadi cryptocurrency, lalu setelah itu akan menjadi satu mata uang digital untuk semua. 

Al-Qur'an dan Al-Hadits seolah-olah terpisah dan sama sekali tidak berhubungan dengan subjek-subjek itu. Dunia keilmuan di seluruh dunia Islam telah gagal total dalam membumikan Al-Qur'an dan Hadits. Akibatnya, telah semakin menjauhkan Islam dari realitas kehidupan dunia. 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Islam Karena Jasad Fir'aun, Kisah Inspiratif

Minggu, 27 November 2022 | 05:00 WIB

Inilah Tata Cara Melakukan Salat Gaib

Sabtu, 26 November 2022 | 14:26 WIB
X