• Sabtu, 2 Juli 2022

Nabi Adam AS dan Pohon Keabadian: Menghubungkan Awal dan Akhir Sejarah

- Selasa, 8 Februari 2022 | 06:41 WIB
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd:  Kosmologi Islam  : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd: Kosmologi Islam : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)

Eskatologi Islam_

"Fungsi Utama Belajar Sejarah antara lain untuk menyudahi pertanyaan, Who am I?" (Ridwan Saidi, 2022).

Ketika Allah SWT memerintahkan kepada Adam, kamu dan istrimu pergi dan tinggal di surga, mengisyaratkan bahwa pernikahan adalah prasyarat surga. Maka bila suatu pernikahan tidak mampu menciptakan suasana surgawi, pasti ada yang salah.

Dia lalu melanjutkan, tapi jangan dekati pohon ini, karena mendekati pohon itu adalah kedzaliman. Mendekati pohon itu adalah jalan menuju kejahatan, penindasan dan ketidakadilan (QS. Al-Baqarah: 35).

Pohon apakah yang dimaksud? 

Metode salafi menerima pohon itu secara literal. Mereka tidak menafsirkan apa yang dimaksud pohon itu dan menerimanya secara harfiah. 

Pertanyaan mengenai apakah yang dimaksud dengan pohon ini menjadi penting, karena dari sinilah awal dari sejarah peradaban manusia, dan (mungkin) berimplikasi pada akhir sejarah.

Surat Al-A'raf Ayat 20 yang merekam peristiwa ketika syetan datang kepada Adam di Surga, lalu syetan berkata:

Wahai Adam! Saya di sini sebagai teman, bolehkah saya menjelaskan kepada Anda tentang pohon itu. Bisakah saya mengundang Anda untuk datang ke pohon itu. Tahukah Anda bahwa pohon itu adalah pohon keabadian yang akan membuat Anda hidup selamanya di Surga? 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Al Quran dan Perang Besar (Bagian ke 1)

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:19 WIB

Problem Utama Umat Islam Saat Ini, Ini Solusinya!

Rabu, 9 Februari 2022 | 07:07 WIB

Sejarah akan Berakhir sebagaimana Sejarah Berawal

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:21 WIB
X