• Sabtu, 2 Juli 2022

Eskatologi Islam: Jejak Nabi Khidir dan Relevansinya di Akhir Zaman

- Senin, 7 Februari 2022 | 23:17 WIB
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd:  Kosmologi Islam  : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)
Kosmologi Islam oleh Drs. H. Maman Supriatman, M.Pd: Kosmologi Islam : Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-18) (TiNewss/Rauf)

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Dajjal datang dengan dua hal, yaitu air dan api. Tetapi yang sebenarnya, apinya adalah air, dan airnya adalah api.  (HR. Bukhari, Nomor 7130 [Fathul Bari], Shahih).

Konsekwensinya, penampilan akan berbeda dari kenyataannya. Karena itu, jika Anda membuat penilaian hanya berdasarkan kepada penampilan luarnya, maka Anda akan salah dan tertipu. Maka Anda harus bisa melampaui penampilan luar agar dapat memahami realitas yang sesungguhnya. 

Dajjal membawa jalan menuju Surga tapi dia membuatnya terlihat seperti jalan menuju Neraka, dan membawa jalan menuju Jahanam tapi dia membuatnya terlihat seperti jalan menuju Jannah. 

Apa yang harus kita lakukan agar tidak tertipu? 

Jawaban atas pertanyaan ini kisahnya dimulai dari sebuah khutbah Nabi Musa AS di hadapan umatnya setelah, dengan Mukjizat yang dianugerahkan Allah kepadanya, berhasil mengalahkan Fir'aun dan bala tentaranya. 

Selesai khutbah, seorang umatnya datang menghampiri Nabi Musa AS, lalu berkata: "Khutbah yang bagus, Anda harus menjadi orang yang paling terpelajar di dunia". Nabi Musa mengatakan: " Ya, saya adalah orang yang paling berilmu".

Begitulah cara orang- orang Yahudi percaya bahwa mereka adalah orang-orang pilihan Allah, bahwa mereka dilahirkan lebih unggul dari yang lain. Mereka percaya bahwa jannah disediakan untuk mereka, sehingga mereka percaya bahwa mereka adalah elit umat manusia.

Jadi ketika Nabi Musa berkata, "saya yang paling terpelajar dari semua", sebenarnya dia berbicara untuk umatnya. 

Allah kemudian menegur Nabi Musa: "Tidak Musa, kamu bukan yang paling terpelajar. Ada seseorang yang lebih terpelajar dari pada kamu."

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Al Quran dan Perang Besar (Bagian ke 1)

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:19 WIB

Problem Utama Umat Islam Saat Ini, Ini Solusinya!

Rabu, 9 Februari 2022 | 07:07 WIB

Sejarah akan Berakhir sebagaimana Sejarah Berawal

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:21 WIB
X