TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Mengenal Kelebihan Aplikasi BiP, Pesaing Dari WhatsApp

TiNewss.com – Semenjak aplikasi WhatsApp mengumumkan privasi baru, banyak pengguna protes dan memilih mencari aplikasi chat lainnya seperti Signal dan Telegram.

Namun ada aplikasi lainnya yang menjadi ramai dibahas di jagat maya yaitu aplikasi BiP yang memiliki fitur cukup unik dan lengkap.

Aplikasi BiP dikembangkan oleh operator seluler asal Turki, Turkcell, sejak tahun 2013. Turkcell mengklaim, aplikasi chat buatannya sudah digunakan di 192 negara yang sebagian besar berada di Eropa.

Tercatat pada tahun 2020, BiP disebutnya memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif tiap bulannya.

Usai kontroversi kebijakan privasi aplikasi WhatsApp, pengguna aplikasi BiP tiba-tiba banyak diminati. Setiap hari dilaporkan ada sekitar 2 juta pengguna baru telah bergabung menggunakan aplikasi BiP.

General Manager Turkcell Murat Erkan mengatakan angka tersebut melebihi jumlah unduhan sebelum 6 Januari ketika WhatsApp memperbarui persyaratan privasinya.

Dengan situasi seperti ini, jumlah orang yang mengunduh aplikasi BiP telah tercatat mencapai 60 juta pengguna dan dalam beberapa bulan ke depan diprediksi akan mencapai lebih dari 100 juta pengguna.

“Sekitar 6,4 juta orang telah beralih ke BiP sejak hari Jumat (8/1). BiP dipandang sebagai tempat berlindung yang aman. Kami akan berhadapan langsung dengan Telegram sekarang,” katanya, seperti dikutip Daily Sabah.

Beberapa fitur menarik BiP yang berhasil dirangkum oleh Redaksi TiNewss.com

Aplikasi BiP memiliki fitur yang menarik yang memiliki punya fungsi dasar sebagai aplikasi pesan instan seperti pesaingnya WhatsApp, Telegram dan Signal yang dapat melakukan panggilan suara dan video, namun ada beberapa fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna.

BiP dapat melakukan video call dengan 10 peserta secara bersamaan dengan kualitas video HD, pengiriman foto dan video dapat dilakukan tanpa pengkompresan atau file seusai ukurannya.

Pengguna BiP juga bisa berbagi lokasi secara real-time. Aplikasi BiP ini memiliki fitur clone untuk membuat dua akun di satu perangkat. Ada juga grup chat yang bisa diisi hingga 1.000 orang dan berlangganan berbagai channel.

Bahkan di Turki sendiri BiP bisa untuk melakukan transfer uang digital.

*Kelemahan Aplikasi Pesan BBiP

Kelemahan aplikasi pesan BiP yang bisa terlihat jelas yaitu banyak memakan ruang penyimpanan. Karena file berbentuk foto atau Video yang diterima dari orang lain tidak di kompress atau diterima aslinya.

Misalnya menerima gambar berukuran 10Mb maka yang akan masuk ke dalam ruang penyimpanan di ponsel akan tetap 10 Mb.

Selain itu, masalah keamanan dari aplikasi ini juga perlu di uji. Karena aplikasi pesan BiP juga tergolong aplikasi yang masih baru.

Dan untuk pengunduhan aplikasi pesan BiP ini bisa digunakan di smartphone Android maupun iPhone yang sudah tersedia Google Play Store dan Apple App Store.(Adhi SH)*

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares