TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Mendagri Tunda Pelaksanaan Pilkades Serentak Seluruh Indonesia

TiNewss.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian, melakukan penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Pemilihan Kepada Desa antar waktu (PAW) Serentak tahun 2020.

Hal ini disampaikan Mendagri, melalui surat bernomor 141/4528/SJ pada tanggal 10 Agustus 2020 yang ditujukan kepada Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Penundaan pelaksanaan Pilkades, menurut Mendagri adalah karena adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2020, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020.

“(Ini) merupakan program strategis nasional yang harus di dukung oleh seluruh pihak termasuk Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, baik yang berpartisipasi dalam Pilkada maupun yang tidak,” katanya.

Menurut Tito, sebagaimana UU No 23 Tahun 2014 pasal 67 huruf f, bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah memiliki kewajiban untuk melaksanakan program nasional, yang artinya pemda harus mendukung penyelenggaraan Pilkada secara nasional yang aman dan bebas covid-19, termasuk tindakan preventif terhadap penyebaran Covid-19.

Mendagri juga menjelaskan bahwa Kepala Desa yang habis masa jabatannya, tetap diberhentikan dan selanjutnya Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Kepala Desa.

Penundaan Pilkades maupun Pilkades PAW, sampai dengan selesainya Pilkada serentak tahun 2020.

Baca Juga : Inilah Daftar 88 Desa Di Sumedang, Selenggarakan Pilkades Serentak April 2020

Menanggapi hal ini, Bupati Sumedang melalui Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang, dr Iwa Kuswaeri menyatakan akan mengikuti perintah dari Kemendagri.

“Sesuai arahan Pak Bupati, Sumedang akan melakukan penundaan pelaksanaan Pilkades dan Pilkades PAW,” katanya.

Untuk diketahui, di Sumedang akan diselenggarakan Pilkades serentak di 88 Desa. Diikuti oleh 337 orang Calon Kepala Desa (Kades), 53 diantaranya adalah petahana. Pesta demokrasi di tingkat desa tersebut, rencanya dilakukan 8 April 2020, namun karena Pandemi Covid-19, akhirnya ditunda. (Rauf Nuryama)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 24
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares